[SALAH] Video Pasar Jagasatru Cirebon Ricuh

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim lokasi video tersebut tidak benar. Faktanya, video Kericuhan tersebut berlokasi di daerah Banda Aceh bulan Mei lalu.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://sg.docworkspace.com/d/sABCcJyKohNNmyYCfp6mnFA


= = = = =

NARASI:
“Indonesia ini udah ancur.liat semalam pasar jagasatru cirebon keributan pasar2 di tutup.mau makan apa sedangkan kami gak pernah dapat bantuan dari pemerintah.PPKM di perpanjang kasian lah ama pedagang ampe tgl 6 agustus.kita mau makan apa suruh di rumah trus.sedangkan kaliyan yg pegawe masi dapet gaji.sedangkan kita pedagang Kecil suru di tutup semua suruh di rumah emang pemerintah jamin rakyat.tolong di pertimbangang kan pemerintah kasihan rakyat kesil.entar dampak demo gede2an kaya taun lalu.akibatnya mahasiswa unjuk rasa demo sok aja liat kaya taun2 yg lalu.”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook bernama Pepen Evendi memposting video berdurasi 26 detik. Pada postingan yang memperlihatkan kericuhan tersebut terdapat narasi yang mengklaim bahwa lokasi kejadian berada di pasar Jagasatru Cirebon.

Setelah ditelusuri melansir pada cirebonkota.go.id Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Berintan, Kota Cirebon, Drs. Sekhurohman menjelaskan video bentrok pedagang pasar dengan Satpol PP tidak terjadi di Kota Cirebon. “Pasar tradisional di Kota Cirebon dalam kondisi aman. Itu video hoax,” tegas Sekhurohman, Minggu, 18 Juli 2021 mengutip dari cirebonkota.go.id.

Informasi yang sama juga dimuat oleh salah satu artikel kumparan yang berjudul “Viral Video Ricuh Pedagang Pasar Jagasatru, Cirebon, Polisi Pastikan Hoaks”. Dalam artikel tersebut Kassubag Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja memastikan video kejadian tersebut hoaks dan tak terjadi di Pasar Jagasatru Kota Cirebon.

Lokasi terjadinya kericuhan tersebut berada di Pasar Kartini daerah Banda Aceh saat proses pemindahan pedagang ke Pasar Almahira Lamdingan, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Sebelumnya, video serupa juga mencatut lokasi yang berbeda yaitu di Pasar Kandangan Kediri dan Benowo, dan telah dilakukan pemeriksaan fakta oleh Mafindo pada artikel berjudul “[SALAH] Video Kericuhan di Pasar Ngabul Jepara”.

Dengan demikian video kericuhan yang diklaim terjadi di pasar Jagasatru, Cirebon adalah hoaks. Video Kericuhan tersebut berlokasi di daerah Banda Aceh bulan Mei yang disebabkan rencana relokasi pedagang di Pasar Kartini Peunayong sehingga masuk dalam kategori konten yang salah.

REFERENSI:
https://www.cirebonkota.go.id/2021/hoaks-unggahan-video-pasar-jagasatru-yang-beredar-di-medsos/

https://kumparan.com/ciremaitoday/viral-video-ricuh-pedagang-pasar-jagasatru-cirebon-polisi-pastikan-hoaks-1wABPcgNcBa

https://aceh.tribunnews.com/2021/05/24/pemindahan-pedagang-pasar-kartini-peunayong-ricuh-satpol-pp-dilempari-sayuran-dan-kayu

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Video Pasar Jagasatru Cirebon Ricuh appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan