[SALAH] “sakit mendadak oleh vaksin”

Peristiwa tahun 2018, diedarkan kembali memanfaatkan kondisi saat ini terkait vaksin. BUKAN sakit mendadak, dehidrasi efek setelah mendapatkan imunisasi Difteri. Sembuh dan dipulangkan setelah dirawat selama kurang lebih sehari.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

Pesan berantai WhatsApp.

======

NARASI

“Hendaknya kita berhati hati dg segala vaksin. Cukup santri dari ponpes ini yang mengalami, dan semoga para santri yang sakit mendadak oleh vaksin tersebut dapat segerah sembuh, aamiin 🤲🤲🤲🙏🙏🙏 mohon maaf saya share ini untuk keselamatan yang lain.”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

* SUMBER mengedarkan kembali peristiwa dehidrasi efek imunisasi Difteri memanfaatkan kondisi saat ini terkait vaksin, untuk membuat kesimpulan yang salah.


(2) Beberapa artikel yang berkaitan,

* REPUBLIKA.CO.ID @ 28 Feb 2018 17:15: “Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember membenarkan adanya beberapa santri yang dirawat di klinik dan puskesmas setelah diimunisasi difteri. Hingga saat ini, Dinkes Jember memastikan para santri ini sudah sembuh dan dipulangkan ke Pondok Pesantren Madinatul Ulum, Desa Cangkring, Jenggawah, Kabupaten Jember.”

* merdeka.com: @ 28 Feb 2018 11:23: “Puluhan santri Madinatul Ulum di Desa Cangkring, Kabupaten Jember, Jawa Timur dehidrasi setelah diimunisasi difteri dari petugas Dinas Kesehatan setempat. Hingga Rabu pagi, ara santri masih dirawat di klinik pesantren dan puskesmas Jenggawah.”

* detikNews @ 28 Feb 2018: “Menurut Lutfi, dalam sosialisasi sudah dijelaskan bahwa ketika sudah diimunisasi harus banyak minum. Tetapi ternyata banyak santri yang tidak melakukannya. Akibatnya, para santri ini mengalami dehidrasi.”


(3) Sumber video,

* “Jember 1TV

Puluhan santri pondok pesantren di Kecamatan Jenggawah Jember pingsan karena dehidrasi usai disuntik vaksin difteri, orangtua santri panik hingga berdatangan ke pondok pesantren tersebut.

https://www.jember1tv.co.id/”.

======

REFERENSI

(1) firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

(2) republika.co.id: “Santri yang Dirawat Akibat Imunisasi Difteri Sudah Pulang” http://bit.ly/39hALmt / https://archive.md/fVUGo (arsip cadangan).

(3) merdeka.com: “Ini penyebab puluhan santri di Jember dehidrasi usai imunisasi difteri” http://bit.ly/39ia2WP / https://archive.md/6Zar8 (arsip cadangan).

(4) news.detik.com: “Puluhan Santri di Jember Dehidrasi Usai Imunisasi Difteri” http://bit.ly/35raVeM / https://archive.md/hpMy4 (arsip cadangan).

(5) youtube.com: “Puluhan Santri Pingsan Usai Imunisasi Difteri” https://bit.ly/3i0H6GQ / https://archive.md/HM2UL (arsip cadangan).

The post [SALAH] “sakit mendadak oleh vaksin” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan