[SALAH] Harga Vaksin di Indonesia 1000% Lebih Mahal Daripada di Brazil

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Faktanya, Sinovac Biotech membantah hal tersebut melalui surat resmi yang dikirimkan kepada Bio Farma.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.vn/2mGfl

= = = = =

[NARASI]:
Gila! 1000% lebih mahal di Indonesia harga vaksinya. Dikerjain lagi rakyat!

= = = = =

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Hai mengunggah tautan berita harianaceh yang berjudul “Harga Vaksin China Sinovac Di Brazil Cuma Rp28.000, Kenapa Indonesia 300.000?” dengan klaim bahwa harga vaksin Sinovac di Indonesia 1000% lebih mahal daripada di Brazil. Setelah ditelusuri, artikel tersebut berisi penjelasan terkait Sinovac membantah telah menjual harga vaksin dikisaran Rp28.000 untuk Brazil, karena biaya pengirimannya saja mencapai Rp29.000.

Dilansir dari Liputan6, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyampaikan, kabar tersebut sudah dibantah oleh pihak Sinovac, melalui surat resmi yang dikirimkan ke Bio Farma.

“Informasi harga vaksin COVID-19 di Brazil, telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac. Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma, yang memastikan, bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan nilai kontrak $90 juta dengan pemerintah Brazil tidak tepat, dan mengenai harga $1,96 per dosis pun tidak tepat,” papar Honesti.

Sebelumnya, Gubernur Sao Paulo, João Doria mengumumkan pada pertemuan pers bahwa negara bagian dan Sinovac menandatangani kontrak $90 juta untuk menerima 46 juta dosis vaksin potensial dari Sinovac. Pengumuman tersebut memicu spekulasi luas tentang harga vaksin COVID-19 yang ditawarkan oleh China ke Brazil yang semurah $1,96 per dosis.

Namun sumber Sinovac membantahnya, meski sumber tersebut tidak mengonfirmasi harga akurat mengingat kerahasiaan kontrak. “Harga vaksin tidak akan serendah itu, karena biaya pengiriman untuk setiap dosis akan sekitar dua dolar. Pernyataan gubernur Sao Paulo pada hari Rabu disalahpahami,” kata sumber itu.

Dengan demikian, informasi mengenai harga vaksin di Indonesia 1000% lebih mahal daripada di Brazil adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4381189/bio-farma-akan-jual-vaksin-covid-19-sekitar-rp-200-ribu

http://www.economiczone.id/read/1271/bantah-di-brazil-lebih-murah-bio-farma-harga-vaksin-covid-19-indonesia-rp200000

https://www.globaltimes.cn/content/1202960.shtml

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4381612/cek-fakta-benarkah-harga-vaksin-covid-19-di-indonesia-lebih-mahal-ketimbang-brasil

The post [SALAH] Harga Vaksin di Indonesia 1000% Lebih Mahal Daripada di Brazil appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan