[SALAH] Bantuan Subsidi Pulsa 250 ribu dan Kuota 75GB oleh Kemendikbud RI dengan Batas Akhir Agustus 2021

hasil periksa fakta Rahmah an nisaa (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, ini adalah hoaks berulang yang kembali beredar. Bantuan data internet 2021 dari Kemendikbudristek berakhir pada Mei 2021 dan belum ada informasi terkait penyaluran kembali

Selengkapnya ada di penjelasan.

[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

= = = = =

[NARASI]:
“https://kuotabelajaronline [dot] one/?v=Subsidi75GB

KEMENDIKBUD
Program kuota belajar pulsa 250rb dan kuota 75GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode juni!
Batas akhir 2021-8-16.”

=====
[PENJELASAN]:
Beredar sebuah pesan tentang bantuan pulsa senilai Rp250 ribu dan kuota sebanyak 75GB melalui media sosial Whatsapp. Narasi ini memuat informasi yang menyebutkan bahwa bantuan ini diberikan kepada para guru, dosen, siswa, dan mahasiswa untuk membantu proses pembelajaran jarak jauh yang dapat diklaim sebelum batas akhir pada 16 Agustus 2021.

Setelah dilakukan penelusuran, pesan berantai bantuan pulsa dan kuota dari Kemendikbud adalah hoaks. Melansir dari akun Instagram resmi Kemendikbud, mengunggah sebuah postingan yang berisi informasi atas hoaks bantuan pulsa dan kuota yang banyak beredar. Dalam postingannya ditegaskan bahwa penyaluran bantuan pemerintah paket kuota data internet tahun 2021 dari Kemendikbudristek berakhir pada bulan Mei 2021.

“Sudah Diverifikasi

SahabatDikbud, saat ini banyak beredar informasi “hoaks” (hoax) dan berpotensi “pengelabuan” (phising) mengenai bantuan kuota data internet dari Kemendikbudristek. 📵✋

Sesuai Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 4 Tahun 2021, Penyaluran Paket Kuota Data Internet 2021 dari Kemendikbudristek berakhir pada bulan Mei 2021.
Laman resmi untuk informasi bantuan kuota data internet pemerintah adalah
https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.
Berikut contoh-contoh pesan hoaks yang dikirim secara berantai beberapa waktu lalu.
Jangan sampai terpancing untuk mengakses dan menyebarluaskan pesan hoaks, ya, #SahabatDikbud! Mari kita lindungi diri dan orang lain dengan selalu mengecek silang informasi pada laman resmi! 👍

MerdekaBelajar

KuotaBelajar

UnggahUlang @pustekkom_kemdikbud”, tulis akun Instagram @kemdikbud.ri.

Hoaks mengenai bantuan pulsa dan kuota seringkali muncul setiap bulannya. Hoaks ini merupakan hoaks yang berulang dan berpotensi phising. Artikel serupa sering dibahas dalam laman turnbackhoax.id. Di tahun 2020 saja telah beredar sebanyak 14 kali, sedangkan di tahun 2021 sampai bulan Juli ini telah beredar sebanyak 10 kali.

Jadi dapat disimpulkan, narasi yang berisi informasi bantuan kuota dan pulsa dengan batas akhir Agustus 2021 adalah adalah hoaks kategori fabricated content atau konten palsu.

=====

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CQLXlTZncC8/?utm_medium=copy_link


https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5609166/awas-hoaks-kuota-belajar-klik-infonya-di-kuota-belajarkemdikbudgoid

https://turnbackhoax.id/2021/06/28/salah-bantuan-pulsa-rp200-ribu-dan-kuota-125gb-dari-pemerintah/.

The post [SALAH] Bantuan Subsidi Pulsa 250 ribu dan Kuota 75GB oleh Kemendikbud RI dengan Batas Akhir Agustus 2021 appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan