[SALAH] “Akun Instagram BPJAMSOSTEK @info.bpjstku dan situs kemenaker-info[dot]crayon[dot]world”

Akun dan situs palsu. Akun Instagram resmi BPJAMSOSTEK adalah @bpjs.ketenagakerjaan dan situs resmi Kemnaker adalah kemnaker.go.id. Akun dan situs palsu ini diduga sengaja dibuat untuk melakukan penipuan hingga pencurian data terkait pendaftaran pekerja calon penerima bantuan langsung tunai (BLT).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten Tiruan
============================================

Beredar sebuah akun Instagram mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) atau yang disingkat secara resmi sebagai BPJAMSOSTEK dengan nama pengguna @info.bpjstku yang telah diikuti oleh 380 pengguna Instagram.

Akun ini juga menyebarkan tautan kemenaker-info[dot]crayon[dot]world yang diklaim sebagai situs layanan helpdesk kemnaker pusat bantuan masalah prakerja, bpjamsostek dan lainnya juga layanan terkait klaim dan bantuan subsidi upah dan juga masalah insentif kartu prakerja.

Sumber : https://archive.md/OzGwD dan https://bit.ly/3kXK9Af (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya akun Instagram resmi yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK dan situs yang diklaim sebagai situs layanan helpdesk Kemnaker adalah klaim yang keliru.

Faktanya, akun dan situs itu adalah akun dan situs palsu. Akun Instagram resmi BPJAMSOSTEK adalah @bpjs.ketenagakerjaan dan situs resmi Kemnaker adalah kemnaker.go.id. Akun dan situs palsu ini diduga sengaja dibuat untuk melakukan penipuan hingga pencurian data terkait pendaftaran pekerja calon penerima bantuan langsung tunai (BLT).

Dilansir dari artikel berjudul “[SALAH] Akun Instagram BPJS Ketenagakerjaan Bernama “bpjs.pencairan.blt”, Dirut BP Jamsostek Agus Susanto mengimbau masyarakat pekerja agar selalu waspada terhadap penipuan hingga pencurian data terkait dengan pendaftaran pekerja bergaji Rp5 juta menjadi calon penerima bantuan langsung tunai (BLT).

“Tidak perlu memberikan data atau informasi pribadi kepada pihak yang tidak berwenang. Untuk wewenang pembaruan data terkait program BSU hanya dapat dilakulan oleh HRD perusahaan langsung ke system BP Jamsostek,” pungkasnya.

BP Jamsostek juga menyampaikan pernyataan serupa melalui media sosial Twitter resminya. “Selain itu, harap waspada terhadap akun media sosial yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK atau pun BPJS Ketenagakerjaan dengan modus meminta nomor rekening.” tulis akun Twitter @BPJSTKinfo pada 2 September 2020.

Selain itu, situs resmi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atau Kemnaker beralamat di https://kemnaker.go.id/.

REFERENSI
https://www.instagram.com/bpjs.ketenagakerjaan/
https://twitter.com/BPJSTKinfo/status/1301115335286820864
https://kemnaker.go.id/
https://turnbackhoax.id/2020/09/04/salah-akun-instagram-bpjs-ketenagakerjaan-bernama-bpjs-pencairan-blt/

The post [SALAH] “Akun Instagram BPJAMSOSTEK @info.bpjstku dan situs kemenaker-info[dot]crayon[dot]world” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan