Hoax Buster

Awas Hoaks: Angka Kasus Positif COVID-19 Sengaja Dinaikkan Menjelang Iduladha

Beredar sebuah unggahan di media sosial yang mengklaim bahwa angka kasus positif COVID-19 sengaja dinaikkan menjelang hari raya Iduladha. Unggahan tersebut berisi narasi "Bentar lagi Idul Adha ya pantesan udah mulai ada berita kek gini nih. Si coved naik lagi gais, tandanya udah dekat moment umat Islam, rajin jualan test coved lagi . Dan satu lagi... Ini tandanya bakal ada packsin ke empat. Asik kagak sih zaman now zaman penguasa otoriter?!".

Faktanya, informasi tersebut tidak benar.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan beberapa faktor penyebab kenaikan angka kasus positif COVID-19 di Indonesia antara lain karena mobilitas penduduk yang mengalami kenaikan dibanding tahun 2021, aktivitas masyarakat yang mulai kembali normal, dan adanya kegiatan-kegiatan berskala besar yang dihadiri banyak orang, serta adanya penurunan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menambahkan, munculnya subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 turut menjadi penyebab kenaikan angka kasus positif di Indonesia setelah ditemukannya beberapa kasus positif subvarian baru Omicron tersebut.

Periksa kembali informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

Caranya mudah!

  1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500
  2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.
  3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Detail:

  • Tipe: Image
  • Format: JPEG/PNG
  • Jumlah File: 2

Bagikan

Info Penting