[SALAH] Foto PM Singapura Mengantre Vaksin Covid-19

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir melalui laman berita Medcom, foto tersebut merupakan foto PM Singapura sedang mengantre untuk membeli makanan cepat saji di Redhill Food Centre.

= = = =

KATEGORI: false context atau konteks yang salah

= = = =

SUMBER:
Facebook (https://bit.ly/3l5VMaK)
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/10/hoaks-PM-singapore-mengantri-vaksin.pdf (link arsip sumber)

= = = =

NARASI:

(narasi dalam gambar diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Lihat bagaimana Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengantri untuk mendapatkan vaksin Covid-19 dengan warganya,”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah foto yang diunggah oleh akun Facebook Lai Kuanjing yang menunjukkan bahwa PM Singapura, Lie Hsien Loong sedang mengantre. Narasi dalam foto tersebut mengatakan bahwa PM Singapura sedang mengantre untuk vaksin Covid-19.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Foto tersebut adalah foto yang diambil sebelum pandemi Covid-19. Foto tersebut juga merupakan foto ketika PM Singapura, Lee Hsien Loong sedang mengantre untuk membeli makanan cepat saji di Redhill Food Centre.

Dengan demikian, foto yang diunggah oleh akun Facebook Lee Kuanjing tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nbwXBojk-cek-fakta-beredar-foto-pm-singapura-mengantre-vaksin-covid-19-bersama-masyarakat-biasa-ini-faktanya
  2. https://www.asiaone.com/food/pm-lee-spotted-queueing-30min-chicken-wings-redhill-food-centre

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto PM Singapura Mengantre Vaksin Covid-19 appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan