[SALAH] Video Warga Austria Menentang Lockdown | Covid19.go.id
Hoax Buster
[SALAH] Video Warga Austria Menentang Lockdown

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, video tersebut adalah para penggemar klub sepak bola Borussia Mönchengladbach pada pertandingan Liga Eropa melawan Wolfsberger AC di Merkur Arena, Graz, Austria pada November 2019.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/1sRFU

====

Narasi:

“Austrians out in full force resisting and defying the illegal lockdown of non-inoculated people. Last time free people in Austria had to show papers to the police was during the world war when it was under Nazi ocupation. As the Light increases, so to does the dark.”

“Orang-orang Austria dengan kekuatan penuh melawan dan menentang penguncian ilegal orang-orang yang tidak disuntik. Terakhir kali orang-orang bebas di Austria harus menunjukkan surat-surat kepada polisi adalah selama perang dunia ketika berada di bawah pendudukan Nazi. Saat Terang bertambah, begitu pula kegelapan.”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Rodney Sullivan (@RSulliv15348672) mengunggah cuitan berupa video dengan klaim video tersebut adalah aksi protes warga Austria menentang lockdown bagi mereka yang tidak disuntik. Video yang diunggah pada 24 November 2021 itu telah ditonton sebanyak 53 kali.

Berdasarkan hasik penelusuran, klaim video cuitan tersebut tidak tepat. Ditemukan akun YouTube PR Online – WIR SIND SPORT yang mengunggah video cuitan itu dengan judul “Borussia Mönchengladbach: Fanmarsch durch Graz” “Borussia Mönchengladbach: Fan berbaris melalui Graz” pada 29 November 2019 dengan narasi sebagai berikut.

“Lebih dari 6.000 penggemar menghadiri pertandingan Liga Europa Borussia Mönchengladbach melawan Wolfsberger AC di Merkur Arena di Graz. Banyak dari mereka sebelumnya mengikuti pawai penggemar dari pusat kota ke tempat pertandingan.”

PR Online atau Rheinische Post yang merupakan portal berita asal Jerman turut memberitakan peristiwa tersebut dalam berita berjudul “Video zeigt riesigen Fanmarsch von Borussia-Fans in Graz” “Video shows a huge fan march by Borussia fans in Graz” terbit pada 29 November 2019.

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Rodney Sullivan (@RSulliv15348672) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://rp-online.de/sport/fussball/borussia/borussia-moenchengladbach-eindrucksvoller-fanmarsch-durch-die-innenstadt-von-graz_aid-47504785

Editor: Dedy Helsyanto

Info Penting