[SALAH] “Peringatan Dr. Sucharit Bhakdi kepada Dunia” | Covid19.go.id
Hoax Buster
[SALAH] “Peringatan Dr. Sucharit Bhakdi kepada Dunia”

Pada tahun 2020 dan 2021 Sucharit Bhakdi menjadi sumber misinformasi terkemuka tentang pandemi COVID-19, mengklaim bahwa pandemi itu “palsu” dan bahwa vaksin COVID-19 akan memusnahkan populasi dunia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter Dokter Tifa (twitter.com/DokterTifa) pada 13 Mei 2023 mengunggah sebuah tautan video dengan judul “Dr. Sucharit Bhakdi’s Warning to the World” dengan narasi:

“Untuk diperhatikan kepada semua penerima vaksin C0^1D Kepada para Pejabat dan Nakes saya sarankan sering sholat taubat.”

Sumber: archive.ph/fXqjH (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adannya video dengan judul “Dr. Sucharit Bhakdi’s Warning to the World” merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, pada tahun 2020 dan 2021 Sucharit Bhakdi menjadi sumber misinformasi terkemuka tentang pandemi COVID-19, mengklaim bahwa pandemi itu “palsu” dan bahwa vaksin COVID-19 akan memusnahkan populasi dunia.

Dilansir berbagai sumber, Sucharit Bhakdi adalah pensiunan ahli mikrobiologi Thailand-Jerman. Dia adalah seorang profesor di Universitas Mainz, di mana dia adalah kepala Institut Mikrobiologi Medis dan Kebersihan. Namun pada Oktober 2020, Universitas Mainz mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa mereka tidak mendukung pandangan Bhakdi.

Pada tahun 2021, penerbit Bhakdi memutuskan hubungan setelah munculnya video online di mana Bhakdi membuat komentar antisemit.

Klaim Bhakdi, khususnya dalam video YouTube-nya dan dalam buku Corona Fehlalarm?, telah diperiksa faktanya secara ekstensif dan ditemukan tidak berdasar, menyesatkan, atau salah.

Selain itu di Jerman, kegiatan pengecekan fakta mencakup artikel di ZDF, pemeriksa fakta independen Austria Mimikama, dpa, SWR3 dan organisasi nirlaba Jerman correctiv.org. Pada Maret 2020, ZDF mengatakan “Tesisnya tidak ilmiah, jumlahnya terlalu rendah”, Mimikama mengatakan bahwa pernyataannya “bertentangan dengan konsensus ilmiah banyak ahli, profesor, dan kolega dan digambarkan sebagai sebagian besar meragukan, tidak ilmiah, dan tidak benar”.

Correctiv memeriksa fakta salah satu video YouTube Bhakdi pada Juni 2020, dan menemukan sejumlah klaim bermasalah, termasuk klaim bahwa vaksin COVID-19 apa pun akan “tidak ada gunanya”, dan bahwa virus tersebut tidak menimbulkan ancaman lebih dari influenza.

REFERENSI
https://en.wikipedia.org/wiki/Sucharit_Bhakdi
https://web.archive.org/web/20210719062122/https://www.swr.de/swraktuell/rheinland-pfalz/mainz/bhakdi-universitaet-mainz-corona-100.html
https://www.algemeiner.com/2021/07/16/jews-learned-evil-from-nazis-leading-covid-19-conspiracy-theorist-in-germany-loses-publisher-over-antisemitic-comments/
https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/04/30/fact-check-covid-19-vaccines-dont-cause-death-wont-depopulate-planet/7411271002/
https://www.poynter.org/?ifcn_misinformation=according-to-the-microbiologist-dr-sucharit-bhakdi-people-who-test-positive-but-have-no-symptoms-of-the-covid-19-should-not-be-obligated-to-follow-quarantine-rules-also-he-stated-that-vaccines-fo
https://www.poynter.org/?ifcn_misinformation=dr-sucharit-bhakdis-multiple-coronavirus-allegations
https://leadstories.com/hoax-alert/2021/04/fact-check-covid-shots-are-not-set-to-contribute-to-the-decimation-of-the-world’s-population.html
https://www.mimikama.org/arzt-verharmlost-coronavirus-faktencheck/
https://www.br.de/nachrichten/wissen/bhakdis-brief-an-die-kanzlerin-was-ist-dran-an-seinen-fragen,RutYDhd

The post [SALAH] “Peringatan Dr. Sucharit Bhakdi kepada Dunia” appeared first on [TurnBackHoax].

Info Penting