[SALAH] Video Sapi – Sapi di Italia Mati Setelah Divaksinasi Covid-19 | Covid19.go.id
Hoax Buster
[SALAH] Video Sapi – Sapi di Italia Mati Setelah Divaksinasi Covid-19

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya sapi – sapi tersebut mati akibat keracunan asam prussic akut akibat kekeringan di Sommariva del Bosco, Italia. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/CXfrW

= = =

Narasi:

“:warning: WARNING :warning: Graphic Footage. Northern Italy. Government came and vaccinated cattle against cv19. Look at the result all dead or dying the next day. #diedsuddenly”

Terjemahan:

“:warning: PERINGATAN :warning: Rekaman Grafik. Italia Utara. Pemerintah datang dan memvaksinasi ternak terhadap cv19. Lihat hasilnya semua mati atau sekarat keesokan harinya. #matimendadak”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Twitter yang menunjukkan sekumpulan sapi mati. Sapi – sapi tersebut diklaim mati akibat vaksin Covid 19 di Italia Utara.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya sapi – sapi dalam video tersebut mati akibat keracunan asam prussic akut pada 6 Agustus 2022, saat terjadi kekeringan di Sommariva del Bosco, dekat Turin di barat laut Italia.

Dilansir dari USA Today, Stefano Giantin, seorang dokter hewan di Istituto Zooprofilattico Sperimentale di barat laut Italia yang menangani kasus tersebut menyebut bahwa sapi – sapi tersebut tidak pernah disuntik vaksinasi Covid-19.

Dengan demikian, Video Sapi – Sapi di Italia Mati Setelah Divaksinasi Covid-19 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33HG683

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2023/06/15/no-covid-19-vaccines-didnt-cause-italian-cow-deaths-fact-check/70308283007/

===

The post [SALAH] Video Sapi – Sapi di Italia Mati Setelah Divaksinasi Covid-19 appeared first on [TurnBackHoax].

Info Penting