Kolaborasi Lawan (Hoaks) COVID-19: Kampanye, Riset dan Pengalaman Japelidi di Tengah Pandemi

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM dengan bahagia mempersembahkan buku kolaborasi dengan Japelidi dan Siberkreasi yang berjudul Kolaborasi Lawan (Hoaks) COVID-19: Kampanye, Riset dan Pengalaman Japelidi di Tengah Pandemi. 

Japelidi sendiri adalah komunitas pegiat literasi digital yang terbentuk sejak 2017 yang saat pandemi tergerak melakukan kampanye lawan hoaks COVID-19. Kampanye yang dilakukan  pada Maret hingga Oktober 2020 ini merupakan upaya Japelidi untuk berkontribusi menekan disinfodemi yang sama berisikonya dengan pandemi itu sendiri. 

Puluhan konten digital dihasilkan dalam kampanye tersebut. Salah satunya, ‘Jaga Diri jaga Keluarga’ bahkan diproduksi dalam 45 bahasa, bahasa Indonesia, bahasa Mandarin dan 43 bahasa daerah. Kampanye ini mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas di berbagai daerah di Indonesia baik secara daring dan luring. 

Buku ini tak hanya memaparkan kisah di balik kampanye lawan disinfodemi, tapi juga beragam riset terkini tentang komunikasi dan pandemi sekaligus bervariasi refleksi pengalaman berhadapan secara langsung dengan virus baru yang mematikan itu. 

Terima kasih pada Bapak Letjen TNI Doni Monardo (Kepala BNPB/Ketua Satgas Penanganan COVID-19), Anita Wahid (Presidium MAFINDO), Yosi Mokalu (Ketua Umum Siberkreasi), Dr Muhammad Sulhan (Ketua ASPIKOM), Indriyatno Banyumurti (ICT Watch) yang telah memberikan catatan terhadap buku ini. 

Segera, unduh bukunya secara gratis, sekarang di http://ugm.id/kolaborasijapelidi

Detail:

  • Tipe: Dokumen
  • Format: PDF
  • Jumlah Halaman: 553
  • Ukuran: A4

Unduh Materi

Bagikan