[SALAH] Video Polisi Menangkap Seorang Pria karena Mengikuti Ibadah Gereja di Idaho, Amerika Serikat

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, video tersebut bukan video penangkapan salah satu peserta ibadah gereja, melainkan penangkapan salah satu peserta aksi protes kebijakan wajib masker yang diterapkan oleh pemerintah negara bagian Idaho, Amerika Serikat, pada 23 September 2020 waktu setempat.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/JRhq6

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Jika anda memberitahu saya pada tahun 2019 bahwa dalam jangka waktu setahun ke depan warga Amerika akan ditangkap karena mengikuti ibadah gereja yang diselenggarakan di luar ruangan, saya akan mengatakan anda tidak waras.

Ini adalah salah satu hal paling menyedihkan yang pernah saya saksikan. Mari berdoa untuk Amerika.”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Twitter LibertyCliff mengunggah sebuah video (24/9) yang menunjukkan beberapa orang polisi menangkap seorang pria yang berada di antara kerumunan yang tengah menyanyikan lagu pujian. Bersama dengan video tersebut, disertakan keterangan yang menyatakan bahwa polisi menangkap pria tersebut karena mengikuti ibadah gereja yang diselenggarakan di luar ruangan.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan video penangkapan salah satu peserta aksi protes kebijakan wajib masker yang ditetapkan oleh pemerintah negara bagian Idaho, Amerika Serikat. Aksi protes tersebut diselenggarakan pada 23 September 2020 waktu setempat dan dilakukan dengan berkumpul di tempat umum serta menyanyikan lagu pujian. Menyusul jumlah korban COVID-19 yang terus bertambah di Amerika Serikat, negara-negara bagian Amerika mewajibkan warganya untuk mengenakan masker ketika berada di tempat umum. Negara bagian Idaho sendiri telah memperpanjang kebijakan wajib masker hingga tanggal 5 Januari 2021.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Washington Post, dengan judul artikel ‘Trump Tweets Video of Mask Protest, Claiming It Is A Church Service’ dan mengategorikannya sebagai misrepresentation.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh pengguna Twitter LibertyCliff tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.washingtonpost.com/politics/2020/10/07/trump-tweets-video-mask-protest-claiming-it-is-church-service/
https://www.idahostatesman.com/news/coronavirus/article245989050.html
https://www.ktvb.com/article/news/health/coronavirus/3-arrested-at-moscow-idaho-church-singing-event-to-flout-mask-order/277-c71a4104-972e-4c04-8cb1-f35f5f226984

The post [SALAH] Video Polisi Menangkap Seorang Pria karena Mengikuti Ibadah Gereja di Idaho, Amerika Serikat appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan