[SALAH] Video “Lebih banyak mayat bertumpuk akibat COVID, tapi salah satunya menghisap rokok”

BUKAN mayat akibat Covid-19. Kantong-kantong plastik hitam dan pria yang merokok di video itu hanyalah properti dalam video klip itu. Video itu direkam dari lokasi pembuatan video klip lagu “Never-Ever” karya rapper asal Rusia, Dmitry Nikolayevich Kuznetsov alias Husky.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Advance NZ (fb.com/AdvanceNZParty) pada 31 Maret 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan tumpukan kantong plastik hitam berisi manusia di dalam bak sebuah truk yang di salah satu kantong itu, terlihat seorang pria yang kepalanya menyembul yang sedang merokok dengan narasi sebagai berikut:

“More dead bodies piled up from COVID, but one of them is smoking a cigarette?” atau yang jika diterjemahkan: “Lebih banyak lagi mayat yang menumpuk akibat COVID, tapi salah satunya menghisap rokok?”

Sumber : https://archive.ph/8qbGI (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video seseorang yang merokok di tumpukan kantong plastik hitam yang diklaim sebagai jenazah akibat Covid-19 adalah konten yang salah.

Faktanya, bukan mayat akibat Covid-19. Kantong-kantong plastik hitam dan pria yang merokok di video itu hanyalah properti dalam video klip itu. Video itu direkam dari lokasi pembuatan video klip lagu “Never-Ever” karya rapper asal Rusia, Dmitry Nikolayevich Kuznetsov alias Husky.

Dilansir dari AFP, video yang identik diunggah oleh pengguna aplikasi TikTok Vasya Ivanov (tiktok.com/@vasyaivanovdesign) pada 28 Maret 2021 dengan narasi sebagai berikut:

“Съемки клипа Хаски – Никогда-нибудь #Хаски#рэперхаски#бекстейдж#какснимали#съемки#backstage#рекомендации#хочуврек#рек#хаски Никогда-нибудь – Хаски”

Atau yang jika diterjemahkan: “Syuting video Husky – Never #Husky#rapperhusky#backstage#howtoshoot#shooting#backstage#rekomendasi#hotevrek#sungai#husky Pernah – Husky”

Kemudian, dilansir dari Tempo, video klip lagu berjudul “Хаски – Никогда-нибудь” itu diunggah oleh kanal kanal YouTube resmi Husky pada 26 September 2020. Tempo pun menonton video berdurasi 2 menit 39 detik itu secara menyeluruh. Pada menit 2:23, terlihat truk berwarna oranye yang identik dengan yang terlihat dalam video yang beredar. Di dalam bak truk itu, juga terlihat tumpukan kantong plastik hitam yang serupa.

Dalam keterangannya, tertulis bahwa video klip ini disutradarai oleh Evgeny Bakirov. Sementara direktur fotografinya adalah Kirill Groshev dan desainer produksinya adalah Vasya Ivanov.

Selain itu, pada September 2020, video lain yang diambil dari lokasi syuting video klip lagu milik Husky juga pernah disebarkan dengan klaim keliru. Video itu memperlihatkan kantong-kantong berwarna hitam yang diturunkan dari atas sebuah gedung dengan tali. Kantong-kantong ini diklaim berisi penghuni sebuah apartemen di Italia yang semuanya meninggal karena Covid-19. Klaim ini sudah diperiksa faktanya di artikel berjudul “[SALAH] 200 Mayat Korban Covid-19 Sekali Kubur di Italia” yang tayang di situs turnbackhoax.id pada 18 September 2020. kantong-kantong hitam itu sebenarnya berisi manekin yang digunakan sebagai properti video klip terbaru rapper asal Rusia tersebut.

REFERENSI
https://factcheck.afp.com/video-does-not-show-covid-19-victims-it-shows-russian-music-video-being-filmed
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1317/keliru-klaim-ini-video-tumpukan-jenazah-covid-19-yang-salah-satunya-merokok
https://www.tiktok.com/@vasyaivanovdesign/video/6944648301446745346
https://www.youtube.com/watch?v=8sx-aG8e-8M
https://turnbackhoax.id/2020/09/18/salah-200-mayat-korban-covid-19-sekali-kubur-di-italia/

The post [SALAH] Video “Lebih banyak mayat bertumpuk akibat COVID, tapi salah satunya menghisap rokok” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan