[SALAH] Vaksin Covid-19 Dapat Mengubah Warna Darah

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, tidak ada kandungan dalam vaksin Covid-19 yang dapat mengubah warna darah. Warna darah dipengaruhi oleh kandungan oksigen dalam sel darah, bukan karena vaksin.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/mAPCm

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Kiri vs. Kanan= non vax vs. Vax

Kita melihat hal ini terjadi tapi tidak ada yang mengatakan apa-apa”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna shane_mcminn mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar suatu aplikasi percakapan. Dalam hasil tangkapan layar tersebut, terdapat foto dua kantung darah dengan warna yang berbeda. Foto kantung darah tersebut juga disertai pesan yang menyatakan bahwa darah yang berwarna lebih gelap adalah darah milik orang yang telah menerima vaksin Covid-19.

Melansir dari USA Today, Kepala Tenaga Kesehatan bidang Layanan Biomedis Palang Merah Amerika, Dr. Pampee Young, menegaskan bahwa tidak ada kandungan dalam vaksin Covid-19 yang dapat mengubah warna darah.

Lebih lanjut, melansir dari Medical News Today, warna darah dipengaruhi oleh kandungan oksigen dalam sel darah. Ketika pembuluh darah membawa darah yang kaya akan oksigen dari jantung, darah akan berwarna merah terang. Sedangkan, ketika pembuluh darah membawa darah yang mengandung sedikit oksigen kembali ke jantung, darah akan berwarna merah gelap.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna shane_mcminn tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/09/26/fact-check-covid-19-vaccines-dont-change-blood-color/5821288001/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321442

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Vaksin Covid-19 Dapat Mengubah Warna Darah appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan