Hoax Buster

[SALAH] Vaksin Corona Mengandung Babi, Dapat Mengubah DNA, dan Membuat Manusia Jadi Zombie

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Informasi Palsu. Baik vaksin Sinovac dan AstraZeneca tidak mengandung babi dan sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI. Tidak ada kandungan dalam vaksin yang mampu berintegrasi dan mengubah DNA manusia secara genetik. Tugas vaksin tipe mRNA membuat sel tubuh memproduksi protein, yang memicu respons imun, bukan membajak sel tubuh manusia hingga menjadi zombie.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/VBElD

 

=====
NARASI:

Hati-hati vaksin bahan babi !

kata dokter :
vaksin bisa merubah DNA

takut ah.. ntar kayak di film2,
hoamm berubah jadi zombie

=====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama “Encang Bedegong” di grup Muslim Cyber Community (MCC). Dalam postingannya Encang menarasikan bahwa vaksin Corona mengandung babi, dapat mengubah DNA manusia dan zombie.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim Encang Bedegong termasuk menyesatkan. Ketiga poin klaim tersebut sebenarnya hoax yang pernah beredar beberapa waktu lalu dan telah diluruskan oleh berbagai media.

Klaim pertama yakni mengenai vaksin Corona mengandung babi, adalah tidak benar. Hoax yang sama pernah beredar pada bulan September 2020, dengan narasi vaksin Tiongkok mengandung babi.

Vaksin yang banyak digunakan di Indonesia yakni Sinovac dan AstraZeneca, sama sekali tidak mengandung babi. Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir saat melakukan video conference dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Kamis, 27 Agustus 2020, menjamin bahan baku vaksin Sinovac yang digunakan bebas dari kandungan gelatin babi (porcine).

MUI menyatakan vaksin Sinovac HALAL digunakan, menyusul dikeluarkannya fatwa MUI No 02 Tahun 2021 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Sciences, Co. Ltd China dan PT Biofarma. Berikut untuk produk vaksin AstraZeneca juga HALAL digunakan, sebagaimana pernyataan resmi dalam fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2021.

Pernyataan bahwa vaksin Corona dapat mengubah DNA manusia juga tidak dibenarkan. Hoax ini telah beredar sejak Oktober 2020 lalu dan telah dilakukan pengecekan fakta oleh turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Vaksin COVID-19 Dapat Mengubah DNA Manusia”.

Vaksin berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh manusia dapat mengenali virus dan patogen yang berusaha menginfeksi manusia. Menurut Peneliti dari Aliansi Sains Universitas Cornell, Mark Lynas, menyatakan bahwa tidak ada kandungan dalam vaksin yang mampu berintegrasi dan mengubah DNA manusia secara genetik.

Adapun klaim mengenai vaksin Corona yang dapat mengubah manusia jadi zombie juga tidak benar. Hoax ini beredar di bulan April 2021 oleh akun bernama “Vintage King”, berupa sebuah video viral yang mengklaim bahwa vaksin berbasis mRNA bukanlah vaksin, tetapi sistem operasi yang akan mengambil alih cara kerja sel tubuh dan membuat sel memproduksi protein virus.

Vintage King juga menyebutkan, manusia telah menjadi “pabrik pembuat virus”, yang lama kelamaan akan dilemahkan oleh sistem imun tubuh kita sendiri. Ia juga mengklaim bahwa di website CDC, pembuatan zombie ini telah direncanakan, dengan judul proyeknya yakni “zombie preparedness”.

Bantahan untuk klaim ini adalah bahwa pembuatan vaksin mRNA tidak menggunakan virus hidup penyebab Covid-19. Vaksin tipe mRNA juga tidak pernah memasuki inti sel, tempat DNA atau materi genetik disimpan. Vaksin tipe mRNA membuat sel tubuh memproduksi protein, yang memicu respon imun. Respon imun tersebut akan menghasilkan antibodi, yang bekerja melindungi diri dari infeksi.

Sedangkan klaim perencanaan zombie oleh CDC juga tidak benar. CDC membuat laman website berjudul “zombie preparedness” sejak tahun 2011, sebenarnya website tersebut berisi panduan menghadapi bencana. Menggunakan embel-embel zombie dikarenakan saat itu media hiburan sedang viral dengan sesuatu yang berbau zombie, dengan begitu masyarakat akan lebih tertarik untuk menyimak panduan yang disampaikan.

Berdasarkan data yang terkumpul, klaim Encang Bedegong adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

=====

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/20/200533265/hoaks-video-vaksin-covid-19-mrna-dapat-mengubah-orang-jadi-zombi


https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/GbmYxQLb-cek-fakta-vaksin-korona-asal-tiongkok-mengandung-babi-ini-faktanya


https://mui.or.id/produk/fatwa/29485/fatwa-mui-no-02-tahun-2021-tentang-produk-vaksin-covid-19-dari-sinovac-life-sciences-co-ltd-china-dan-pt-biofarma/


https://mui.or.id/produk/fatwa/29883/fatwa-mui-hukum-penggunaan-vaksin-covid-19-produk-astrazeneca/


https://turnbackhoax.id/2020/10/19/salah-vaksin-covid-19-dapat-mengubah-dna-manusia/

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Vaksin Corona Mengandung Babi, Dapat Mengubah DNA, dan Membuat Manusia Jadi Zombie appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan

Info Penting