[SALAH] “Tol Pejagan Brebes Di Tutup Total”

FAKTANYA, selain menggunakan video yang sudah pernah beredar sebelumnya pada tahun lalu (2020), sudah diklarifikasi oleh pihak pengelola bahwa rencana kegiatan penyekatan di Gerbang Tol Pejagan baru akan dilakukan pada 6 sampai 17 Mei 2021 nanti.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: YouTube, https://archive.md/oClm8 (arsip cadangan).

NARASI: “Larangan Mudik Gerbang Tol Pejagan Brebes Di Tutup Total.#Shorts”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1]. SUMBER membagikan video dengan menambahkan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta sehingga mengubah konteksnya, menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

FAKTANYA, video sudah pernah beredar sebelumnya pada tahun lalu (2020).

Verifikasi Video

Salah satu sumber video, dibagikan pada 30 April 2020 (tahun lalu). [2]

Referensi yang Berkaitan

Dari CirebonRaya.com: “Manajemen Operasi Ruas tol Kanci-Pejagan membantah jika telah terjadi penyekatan di pintu tol menuju arah Jakarta. Video yang beredar luas dan viral di berbagai laman media sosial (medsos) termasuk di WhattsApp (WA) sama sekali tidak benar. Video tersebut bukan merupakan penyetakan jalan di pintu tol Kanci-Pejagan untuk mencegah arus mudik lebaran 2021, apalagi menutup jalan ke arah Jakarta.” [3]

Dari SuaraJakarta.id: “Terkait ini, pihak manajemen operasi ruas Tol Kanci Pejagan memberikan klarifikasinya bahwa video tersebut adalah hoax. Pihak manajemen operasi ruas Tol Kanci Pejagan menyebut bahwa berdasarkan kondisi update saat ini, arus lalu lintas masih normal tanpa penyekatan.” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] twitter.com/nyongallee___, https://archive.md/XKldg (arsip cadangan).

[3] cirebonraya.com: “Benarkah Ada Penyekatan di Ruas Tol Kanci-Pejagan, Berikut Penjelasannya”, https://bit.ly/3t9HUgs / https://archive.md/E5z6D (arsip cadangan).

[4] jakarta.suara.com: “Beredar Video Penyekatan Mudik Lebaran 2021 di Gerbang Tol Pejagan, Hoax!”, https://bit.ly/3eEPoTC / https://archive.md/5sQsk (arsip cadangan).

The post [SALAH] “Tol Pejagan Brebes Di Tutup Total” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan