[SALAH] Tautan Subsidi Pulsa dan Kuota Kemendikbud Periode Lebaran

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, tautan tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar dan telah dikonfirmasi oleh pihak Kemendikbud.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: WhatsApp

====

Narasi:
“https://kuotabelajaronline[dot]club/?v=105GigaBytes

KEMENDIKBUD
*Program kuota belajar pulsa 200RB dan kuota 125GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode lebaran!
Batas akhir *2021-6-25”

====

Penjelasan:

Telah beredar kembali pesan berantai melalui WhatsApp berisi informasi dan tautan program kuota kuota 125GB dan pulsa sebesar Rp200.000 untuk dosen, guru, siswa, dan mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode lebaran. Program yang diklaim berasal dari Kemendikbud itu dilaksanakan sampai 25 Juni 2021. Setelah tautan dibuka, calon penerima diharuskan mengikuti petunjuk yang ada pada laman tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, tautan tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar dan bukan tautan resmi milik Kemendikbud. Mengutip dari Liputan6, Plt Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud Hasan Chabibie menyatakan, informasi subsidi kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen hanya dapat diakses pada situs kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

“Informasi resmi hanya ada di kuota-belajar.kemdikbud.go.id,” pungkas Hasan.

Informasi serupa terkait bantuan kuota internet dan pulsa sebelumnya pernah dibahas oleh Turn Back Hoax pada artikel berjudul [SALAH] Bantuan Pulsa dan Kuota Belajar Kemendikbud Periode Bulan Maret dan [SALAH] Link Program Bantuan Pulsa 200 Ribu dan Kuota 75 GB.

Dari berbagai fakta yang telah dipaparkan, pesan berantai terkait program kuota internet dan pulsa Kemendikbud dapat dikategorikan sebagai konten palsu.

====

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4531734/cek-fakta-informasi-pendaftaran-subsidi-pulsa-200-ribu-dan-kuota-95-gb-dari-kemendikbud-ini-tidak-benar

https://turnbackhoax.id/2021/03/30/salah-bantuan-pulsa-dan-kuota-belajar-kemendikbud-periode-bulan-maret/


https://turnbackhoax.id/2021/03/05/salah-link-program-bantuan-pulsa-200-ribu-dan-kuota-75-gb/

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Tautan Subsidi Pulsa dan Kuota Kemendikbud Periode Lebaran appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan