[SALAH] Setengah Karyawan BTC Pangkalpinang Positif Covid-19

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Pesan berantai palsu. Melalui konferensi pers, Defita Anggreni selaku pihak Central Manager BTC didampingi Satgas penanganan Covid-19, BPBD dan Dinsos Kota Pangkalpinang menyatakan kabar tersebut hoaks.

= = = = =

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

= = = = =

SUMBER: WHATSAPP

= = = = =

NARASI:

” Seperadik, jangan ke BTC duluk, ada info banyak penjaga toko terkonfirmasi Covid-19,”
“Na’am umm, kata pegawai BTC,, hampir setengah pegawai toko di BTC, hasil SWABnya positif”.

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai di media sosial yang berisi informasi karyawan Bangka Trade Center (BTC) Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung positif Covid-19.

Menganggapi hal itu, pihak manajemen BTC kota Pangkalpinang menegaskan bahwa kabar tersebut adalah hoaks. Hal tersebut diungkapkan Defita Anggreni selaku pihak Central Manager BTC saat jumpa pers dengan tim media pada Senin, 11 Januari 2021 di gedung BTC Kota Pangkalpinang. Dalam keterangannya tersebut, Defita didampingi oleh Satgas Penanganan Covid-19, BPBD Kota Pangkalpinang dan Dinas Kesehatan setempat.

“Kami klarifikasi terkait informasi tersebut yang mana telah tersebar di kalangan masyarakat secara masif dalam pesan berantai dijejaring media sosial WhatsApp,” ujar Defita dilansir dari beritabangka.com para 11 Januari 2021.

Devita menambahkan, isu sebagian besar penjaga toko atau karyawan BTC positif Covid-19 tidaklah benar. Menurutnya, masalah ini berdampak negatif pada jumlah kunjungan masyarakat ke BTC di Kota Pangkalpinang. Termasuk di dalamnya pihak pengelola dan pedagang yang berada di BTC.

Selain itu, Defita mengatakan pihak BTC selalu memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku sesuai aturan pemerintah seperti memeriksa suhu pengunjung, pedagang dan karyawan, mewajibkan memakai masker dan mencuci tangan. Dari penelusuran di atas, pesan berantai tersebut masuk kategori Konten Palsu.

= = = = =

REFERENSI:
https://bangka.tribunnews.com/2021/01/11/beredar-isu-separuh-penjaga-toko-di-btc-positif-covid-19-devita-pastikan-itu-kabar-bohong
https://beritabangka.com/2021/01/11/hoax-setengah-pegawai-btc-positif-covid-19-ini-penjelasan-central-manager/
https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=3958714450805959&id=100000023305098

Penulis: Rizqi Abdul Azis
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Setengah Karyawan BTC Pangkalpinang Positif Covid-19 appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan