Hoax Buster

[SALAH] Scan MRI Harus Dihindari Penerima Vaksin Covid-19

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, setelah ditelusuri tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa scan MRI harus dihindari setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook https://bit.ly/3C0pt37
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/10/SALAH-Scan-MRI-Harus-Dihindari-Penerima-Vaksin-Covid-19.pdf

= = =
Narasi:
“I am warning vaxxed individuals to avoid MRI scans, especially for the 1st few weeks, as some people have been severely affected by the electromagnetism it produces. The most severe cases have resulted in the death of the patients.”

Translate:
“Saya memperingatkan individu yang bingung untuk menghindari pemindaian MRI, terutama untuk beberapa minggu pertama, karena beberapa orang telah sangat terpengaruh oleh elektromagnetisme yang dihasilkannya. Kasus yang paling parah telah mengakibatkan kematian pasien.”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah unggahan di Facebook yang menampilkan tanggapan Twitter dari @DRAFZALNIAZ2 dengan klaim bahwa scan MRI harus dihindari setelah pasien mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, terutama pada minggu pertama setelah penyuntikan. Ia menjelaskan, ini dapat mempengaruhi elektromagnetisme yang dihasilkannya.

Setelah ditelusuri informasi tersebut ternyata salah, faktanya tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa scan MRI harus dihindari setelah vaksinasi. Jean Chen, Profesor Biofisika Media Universitas Toronto, melalui AFP menjelaskan bahwa MRI Scan menggunakan radio medan magnet untuk menghasilkan gambar detail bagian dalam tubuh, sedangkan vaksin Covid-19 tidak mengandung bahan-bahan magnetik sehingga tidak dapat mempengaruhi proses scen MRI.

Selain itu, Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, membantah klaim yang beredar tersebut. Ia menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 berisi virus yang telah dimatikan, serta zat di dalamnya berbentuk cairan untuk stabilitas vaksin sehingga tidak ada kandungan elektro magnetik di dalamnya.

Dengan demikian, klaim scan MRI harus dihindari kepada pasien setelah vaksinasi Covid-19 merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9P92RW
https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/12/160000365/-hoaks-penerima-vaksin-covid-19-tidak-boleh-scan-mri?page=all#page2

= = =
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Scan MRI Harus Dihindari Penerima Vaksin Covid-19 appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan

Info Penting