Hoax Buster

[SALAH] Poster Film Berjudul “The Omicron Variant” yang Dirilis pada Tahun 1963

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Judul film hasil suntingan. Faktanya, poster film tersebut merupakan versi poster Bahasa Spanyol dari film berjudul “Phase IV” yang dirilis pada tahun 1974.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/QVpdj

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Film yang rilis pada tahun 1963 dan 58 tahun kemudian kita mengalami Varian Omicron di kehidupan nyata!”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “MahachieJosey” mengunggah sebuah poster film yang berjudul “The Omicron Variant” pada 2 Desember 2021. Dalam unggahan tersebut, juga terdapat narasi yang menyatakan bahwa poster film tersebut dirilis pada tahun 1963 lalu.

Berdasarkan hasil penelusuran, judul dalam poster film tersebut merupakan hasil suntingan. Judul yang tercantum dalam poster film sebenarnya adalah “Sucesos En La IV Fase”, yang merupakan versi poster Bahasa Spanyol dari film berjudul “Phase IV” yang dirilis pada tahun 1974, bukan 1963.

Lebih lanjut, seorang pengguna Twitter lain dengan nama pengguna “BeckyCheatle” mengunggah beberapa hasil karyanya berupa poster film yang telah disunting dengan menggantikan judul asli film dengan “The Omicron Variant”. Foto tersebut diunggah pada 28 November 2021, beberapa hari sebelum pengguna “MahachieJosey” mengunggah sebuah poster film yang berjudul “The Omicron Variant”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “MahachieJosey” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.cinematerial.com/movies/phase-iv-i70531/p/rl45t2tj

https://twitter.com/BeckyCheatle/status/1464866651678117892 (https://archive.ph/LMeYh)

https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9TU3HE-1

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

Bagikan

Info Penting