[SALAH] Pernyataan Moh Indro Cahyono “TERBONGKAR SUDAH!!! FAKTA COVID 19”

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk).

Moh Indro Cahyono menyatakan, namanya telah dicatut dalam pesan berantai tentang penjelasan ilmiah Covid-19 dan meluruskan kabar tersebut.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

= = = = =

SUMBER: Tangkapan Layar
WhatsApp

https://archive.ph/qjQrA

= = = = =

NARASI:
INFO…TERBONGKAR SUDAH !!! FAKTA COVID 19
Brig. Jen. Dr. Mardjo Subiandono Eks. Kepala Team kedokteran Istana Kepresidenan
⬇️

Sedikit lega setelah baca ini, makasih doktor Indro 😊
Saya rasa ini baik utk dishare & lebih paham sifat virus ini. Sehingga terhindar dari paranoid berlebihan & paham bagaimana mengendalikan dirinya. Thanks🙏

LITERASI COVID 19
Budayakan Baca sampai selesai, Berpikir Positif & Jangan Stress

Penjelasan Ilmiah terkait COVID 19 oleh dr. Moh. Indro Cahyono (ahli virus)

1. Virus (termasuk covid-19) adalah benda mati yg dpt hidup di media hidup. Dia tdk bs hidup menempel apalagi memproduksi markas virusnya di benda2 mati. Namun ada catatannya. Kalau misalnya ada org yg sudah terinfeksi mengeluarkan droplet (cairan flu/ludah) lalu kena di baju, kain, atau meja mk dia tetap hidup selama droplet itu blm mengering. Kalau baju dicuci atau setidak2nya mengering sendiri karena pengaruh lingkungan misalnya karena panas atau hembusan angin, mk virusnya akan mati. Begitupun di meja, kursi, lantai, karpet & sejenisnya. Kalau sdh mengering virusnya akan mati.”
Keterangan selanjutnya setelah link…
= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di media sosial WhatsApp sebuah pesan berantai berisikan informasi yang diklaim merupakan fakta Covid 19 yang telah terbongkar.

Dalam pesan tersebut diinformasikan bahwa isi dalam pesan tersebut merupakan penjelasan ilmiah terkait Covid 19 yang dilakukan oleh dr. Moh. Indro Cahyono yang diklaim merupakan seorang ahli virus.

Setelah ditelusuri Indro Cahyono membantah sebagian informasi yang beredar tersebut, namun beliau juga melakukan pembenaran atas beberapa poin informasi yang beredar.

Indro Cahyono juga telah membuat pernyataan melalui akun resminya terkait dengan klarifikasi informasi pesan berantai yang mencatut namanya tersebut.

Dengan demikian informasi yang beredar di WhatsApp terkait penjelasan ilmiah yang disampaikan oleh Indro Cahyono tersebut tidak semuanya benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====

REFERENSI:

https://m.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-penjelasan-covid-19-oleh-ahli-virus-benar-atau-tidak.html

https://saberhoaks.jabarprov.go.id/v2/klarifikasi/detail/ADN011885/ARTIKEL-MENGATASNAMAKAN-BRIGJEN-TNI-%28PURN%29-dr.-MARDJO-SUBIANDONO-AJAK-WARGA-BANGUN-OPTIMISME-HADAPI-COVID-19

The post [SALAH] Pernyataan Moh Indro Cahyono “TERBONGKAR SUDAH!!! FAKTA COVID 19” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan