[SALAH] Penampakan Protes Wajib Vaksin di Melbourne Tahun 2021

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Bukan protes wajib vaksinasi. Gambar tersebut adalah pemandangan protes UU Ketenagakerjaan di Australia pada tahun 2006.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

=====

SUMBER: Facebook
http://archive.today/jKFNU

=====

NARASI:

MELBOURNE this weekend. Time for Queenslanders to stand up before it gets as bad as vic.

Complete blanket media blackout out and servers Down for coverage and Facebook lives blocked on 90% of Victoria but this is the image you won’t see today! Share it around! This isn’t just construction. This This is nurses, teachers, families! It’s our whole communities! The police and government are trying to stop you seeing this and if you don’t think that’s true, look up the media censorship that the mainstream media are contesting in court as we speak.

Industrial relations protest rally in Melboume. An aerial view of marchers at the corner of Swanston and Bourke streets, Melbourme.
(Must credit: Courtesy Channel 7 Helicopter.)

(terjemahan)
MELBOURNE akhir pekan ini. Saatnya warga Queensland untuk bangkit sebelum menjadi seburuk vic (victoria).

Pemadaman total media dan server untuk liputan dan Facebook live diblokir di 90% Victoria tetapi ini adalah gambar yang tidak akan Anda lihat hari ini! Bagikan! bukan hanya pekerja konstruksi saja. Ada juga perawat, guru, keluarga! Ini seluruh komunitas kita! Polisi dan pemerintah berusaha menghentikan Anda untuk melihat ini dan jika Anda berpikir itu tidak benar, lihat sensor media yang diperebutkan oleh media arus utama di pengadilan saat kita berbicara.

Demonstrasi hubungan industrial di Melboume. Pemandangan udara dari para demonstran di sudut jalan Swanston dan Bourke, Melbourne.

=====
PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Andrew Tulk yang membagikan sebuah gambar hasil screenshoot yang memperlihatkan pemandangan udara kerumunan masyarakat. Dalam gambar diberikan keterangan bahwa kerumunan tersebut adalah penampakan protes di Kota Melbourne Australia, tidak diberikan keterangan lebih lanjut dalam konteks apa unjuk rasa tersebut, namun dapat dipastikan konteks unjuk rasa yang dimaksud adalah perlawanan wajib vaksin yang terjadi di Australia baru-baru ini.

Dilansir dari voaindonesia.com, ratusan demonstran turun ke jalan di Kota Melbourne, negara bagian Victoria, untuk memprotes wajib vaksinasi bagi para pekerja di sektor industri konstruksi. Sekitar 500 pengunjuk rasa yang mendobrak pintu di kantor Serikat Pekerja Konstruksi, Kehutanan, Maritim, Pertambangan dan Energi, yang mewakili pekerja konstruksi.

Sebelumnya, pada Senin malam, pemerintah negara bagian mengumumkan bahwa industri konstruksi akan ditutup mulai Selasa (21/9) selama dua minggu di kota metropolitan Melbourne dan beberapa wilayah regional. Pengumuman tersebut juga mencakup aturan wajib vaksinasi minimal 1 dosis bagi para pekerja konstruksi, sebelum mereka kembali bekerja pada 5 Oktober 2021. Pekerja konstruksi dan aktivis sayap kanan memprotes kebijakan tersebut dengan melakukan demonstrasi di Melbourne, Australia, 21 September 2021.

Meski begitu, gambar pada postingan Andrew Tulk bukanlah penampakan protes wajib vaksin di tahun 2021. Foto demonstrasi tersebut terjadi di tahun 2006. Para demonstran berkumpul di persimpangan Swanston Street dan Bourke Street di Melbourne, Victoria, mereka adalah para pekerja industri yang memprotes UU Ketenagakerjaan.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa postingan Andrew Tulk adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Salah.

=====
REFERENSI:
https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9NN4WC-1

https://www.google.com/amp/s/www.voaindonesia.com/amp/warga-melbourne-protes-mandat-vaksin-/6237144.html

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Penampakan Protes Wajib Vaksin di Melbourne Tahun 2021 appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan