[SALAH] Mengunyah Cengkeh atau Kayu Manis Dapat Meningkatkan Kadar Oksigen

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengunyah cengkeh atau kayu manis dapat meningkatkan kadar oksigen.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Tolong beri tahu siapa saja yang kadar oksigennya rendah untuk mengunyah cengkeh atau kayu manis. Ini meningkatkan kadar oksigen. Hal ini dibuktikan dengan seseorang yang kadar oksigennya turun menjadi 91 red alert selama 2 atau 3 hari. Mereka tidak bisa mendapatkan rumah sakit atau hotel karantina. Beberapa orang menyuruh mereka untuk mencoba mengunyah cengkeh atau kayu manis & kemudian kadar oksigen meningkat secara bertahap menjadi 95 & sekarang 97/98. Tolong bagikan ini bisa menyelamatkan nyawa. Bahkan alpukat sangat bagus.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah pesan berantai melalui WhatsApp yang menyatakan bahwa mengunyah cengkeh atau kayu manis dapat meningkatkan kadar oksigen. Dalam pesan tersebut juga disertai cerita tentang seseorang yang kadar oksigennya turun menjadi 91% selama 2-3 hari. Setelah mengunyah cengkeh atau kayu manis, kadar oksigen orang tersebut naik secara bertahap menjadi 95% dan 97%.

Melansir dari Liputan6, Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt. menjelaskan bahwa belum ada hasil penelitian yang berhasil membuktikan bahwa mengunyak cengkeh atau kayu manis dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Lebih lanjut, meskipun cengkeh dan kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan, belum ada bukti klinis bahwa cengkeh dan kayu manis juga memiliki manfaat untuk sistem pernapasan. Melansir dari Alodokter, beberapa manfaat cengkeh yang telah terbukti di antaranya adalah mengurangi sakit gigi, mengobati tukak lambung, dan memiliki efek pereda nyeri. Sedangkan, melansir dari Kompas, beberapa manfaat kesehatan dari kayu manis yang telah terbukti di antaranya adalah melindungi dari potensi penyakit kanker, mengatasi diabetes, dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Dengan demikian, pesan WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4644156/cek-fakta-mengunyah-cengkeh-atau-kayu-manis-untuk-meningkatkan-kadar-oksigen-dalam-tubuh-belum-terbukti-klinis

https://www.alodokter.com/simak-berbagai-manfaat-cengkeh-untuk-kesehatan

https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/28/210000723/5-manfaat-kayu-manis-mampu-mencegah-penyakit-kronis?page=all

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Mengunyah Cengkeh atau Kayu Manis Dapat Meningkatkan Kadar Oksigen appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan