[SALAH] Masa Lockdown di Kanada Berakhir Sejak 1 Maret 2021

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya klaim tersebut salah. Kanada memiliki pendekatan yang berbeda-beda perihal masa lockdown di setiap provinsi. Hal ini mengartikan bahwa tidak seluruh bagian negara Kanada telah mengakhiri masa lockdown.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]:
MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]:

FACEBOOK

archive.vn/s6NsR

=====

[NARASI]:

“Effective March 1, 2021, the Covid lockdown in Canada is over.”

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook tentang Kanada yang akan mengakhiri masa lockdown pada 1 Maret 2021. Unggahan dari akun bernama Rithjie Dube ini pun telah diserbarkan ulang sebanyak 88 kali dan telah mendapat berbagai respon dari masyarakat.

Namun setelah dilakukan penelusuran, klaim yang menyatakan bahwa Kanada akan mengakhiri lockdown pada 1 Maret 2021 adalah hoaks. Melansir dari artikel AFP Kanada, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Kanada menyatakan dengan tegas bahwa informasi tersebut adalah salah, dan dokumen yang diunggah merupakan dokumen yang tidak resmi.

Juru Bicara Kementrian Kesehatan Kanada menyatakan bahwa setiap provinsi di Kanada memiliki pendekatan yang berbeda perihal lockdown Covid-16. Jadi tidak dapat dikatakan bahwa Kanada sepenuhnya akan mengakhiri masa lockdown pada tanggal 1 Maret 2021.

Dari hasil penelusuran dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan Kanada akan mengakhiri masa lockdown pada 1 Maret 2021 adalah hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====

tema: others, alat: foto, sc: Fb, tc: others, fu: otoritas, bukti: gambar, scope: internasional, tkp: administrasi, actor: wna, content: kebijakan, changing: original, stage: tanggapan

=====

[REFERENSI]:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/RkjlnERN-cek-fakta-kanada-akhiri-lockdown-mulai-1-maret-2021-ini-cek-faktanya

https://factcheck.afp.com/covid-19-measures-wont-be-lifted-march-1-canada

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Masa Lockdown di Kanada Berakhir Sejak 1 Maret 2021 appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan