[SALAH] Luhut Positif Covid-19 dan Dilarikan ke RS Militer

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Juru Bicara Kemenko Maritim dan Investasi, Jodi Mahardi, menyatakan bahwa berita Luhut positif terpapar Covid-19 dan dilarikan ke RS Militer adalah berita bohong. Luhut juga terlihat melakukan kunjungan ke pabrik mobil listrik di Bekasi pada 6 November 2020 lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/wxoQj

= = = = =

NARASI:

“Ternyata Opung tidak pernah jauh2 dari hal-hal yg Positif…..”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook Jazz On dalam forum Indonesia Merdeka membagikan sebuah tautan berita (5/11) yang menyatakan bahwa Menteri Luhut telah positif terpapar Covid-19 dan dilarikan ke RS Militer.

Berdasarkan hasil penelusuran, Luhut tidak positif terpapar Covid-19 dan tidak dilarikan ke RS Militer. Melansir dari Kumparan pada 8 November 2020, Juru Bicara Jodi Mahardi menyatakan bahwa berita Luhut positif terpapar Covid-19 dan dilarikan ke RS Militer adalah berita bohong. Lebih lanjut, Luhut terlihat melakukan kunjungan ke pabrik mobil listrik di Bekasi pada tanggal 6 November 2020, satu hari setelah berita bahwa Luhut telah positif terpapar Covid-19 dan dilarikan ke RS Militer tersebut dirilis.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh Pengguna Facebook Jazz On dalam forum Indonesia Merdeka tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/MkMdyepb-cek-fakta-luhut-dikabarkan-positif-covid-19-dan-dibawa-ke-rs-militer-ini-faktanya
https://kumparan.com/kumparannews/jubir-tepis-isu-liar-soal-luhut-positif-covid-19-1uYBJ47DspH/full
https://finance.detik.com/industri/d-5245011/luhut-pantau-pabrik-mobil-listrik-di-bekasi

The post [SALAH] Luhut Positif Covid-19 dan Dilarikan ke RS Militer appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan