[SALAH] Link Subsidi Pulsa 200 Ribu dan Kuota 125 GB Kemendikbud RI

Hasil periksa fakta Rahmah an nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, link tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Program bantuan dari Kemendikbud telah berakhir pada Mei 2021.

Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Whatsapp
= = = = =

NARASI:
“https://bantuankuota.online/?v=125GigaBytes

KEMENDIKBUD
Program kuota belajar pulsa 200RB dan kuota 125GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode juni!
Batas akhir2021-7-14.”

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar kembali melalui aplikasi Whatsapp sebuah link dengan narasi bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan subsidi pulsa Rp200ribu dan kuota 125 GB untuk dosen, guru, siswa dan mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode juni. Program ini akan berakhir pada 14 Juli 2021.

Berdasarkan hasil penelusuran, link program tersebut merupakan hoaks lama yang kembali muncul. Melansir dari medcom.id, Plt Kepala Pusdatin Kemendikbudristek Hasan Chabibie, mengatakan pada tahun 2021, program dari Kemendikbud disalurkan selama tiga bulan, yakni Maret 2021 hingga Mei 2021.

Informasi serupa juga pernah dibahas oleh Turn Back Hoax pada artikel berjudul [SALAH] Bantuan Pulsa dan Kuota Belajar Kemendikbud pada Bulan Maret, [SALAH] Link Program Bantuan Pulsa 200 Ribu dan Kuota 75 GB, [SALAH] Tautan Subsidi Pulsa dan Kuota Kemendikbud Periode Lebaran pada Bulan Mei.

Dengan demikian, berdasarkan fakta di atas dapat dikategorikan sebagai konten palsu.
= = = = =

REFERENSI:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0kpogR6b-cek-fakta-beredar-link-subsidi-pulsa-rp200-ribu-dan-kuota-125-gb-ini-faktanya

The post [SALAH] Link Subsidi Pulsa 200 Ribu dan Kuota 125 GB Kemendikbud RI appeared first on [TurnBackHoax].

 

Bagikan