[SALAH] Kisah Dokter yang Kekasihnya Positif Covid-19 di Italia

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)

Klaim yang salah. Faktanya, video tersebut merupakan potongan video dari drama televisi Meksiko yang berjudul Triunfo del Amor/The Triumph of Love. Video serupa juga tayang di channel Youtube TV Telenovelas dengan judul “Triunfo del Amor|Maria Desamparada es atacado por el mismo virus mortal de Alonso” bila diterjemahkan “Kemenangan Cinta|Maria desamparada diserang virus yang sama dengan Alonso” yang diunggah pada 4 Januari 2017.

= = =

Kategori: Konten yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.vn/JJoqV

= = =     

Narasi:

“ini memang nyata terjadi di italia, si cewe nya positif corona dan pacarnya itu dokter, tpi nda tega lihat pasangan nya tersiksa dan mungkin saat terakhir cwo nya melepas pakaian dan memeluk nya 😭😭

#VideoBaper

= = =

Penjelasan:

Akun Facebook  Renloychy Project mengunggah sebuah video yang diunggah pada 17 April 2020 yang menampilkan adegan antara seorang pria dan seorang perempuan yang terhubung dengan selang infus, dalam unggahan tersebut Renloychy Project mengklaim bahwa kisah nyata ini terjadi di Italia antara seorang perempuan yang positif virus corona dan pacarnya seorang dokter.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim video dalam unggahan tersebut adalah salah. Dilakukan pencarian melalui mesin pencari Google, muncul sejumlah hasil video serupa, dan salah satunya video  YouTube berjudul “Historia De Max y Maria Desamparada 158” yang diunggah channel Yoly pada 4 Juli 2018. Dalam keterangan video disebutkan bahwa tayangan dalam video itu adalah telenovela milik Televisa.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, video serupa juga tayang di channel Youtube TV Telenovelas dengan judul “Triunfo del Amor|Maria Desamparada es atacado por el mismo virus mortal de Alonso” bila diterjemahkan “Kemenangan Cinta|Maria desamparada diserang virus yang sama dengan Alonso” yang diunggah pada 4 Januari 2017.

Triunfo del Amor adalah telenovela Meksiko yang diproduksi oleh Salvador Mejia Alejandre untuk Televisa. Ini adalah remake dari telenovela El Privilegio de Amar 1998, yang merupakan remake dari novella Cristal Venezuela tahun 1985.

Dengan demikian, klaim video pada unggahan Renloychy Project adalah salah karena tidak sesuai faktanya dan termasuk dalam kategori konten yang salah.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/06/135103465/hoaks-video-diklaim-kisah-dokter-yang-kekasihnya-positif-covid-19-faktanya?page=all#page2

https://www.youtube.com/watch?v=jdjjGjwK_eQ

https://www.televisainternacional.com/content/the-triumph-of-love

The post [SALAH] Kisah Dokter yang Kekasihnya Positif Covid-19 di Italia appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan