[SALAH] “Ini sinetron Bajay Bajuri thn 2002,sdh mau 20 thn ternyata jadi kenyataan”

Hoaks berulang dan sudah pernah diperiksa faktanya pada artikel berjudul “[SALAH] Sitkom Bajaj Bajuri Prediksi Corona 17 Tahun Lalu” dan “[SALAH] Episode Sitkom Bajaj Bajuri Ramalkan Virus Corona Tahun 2021” di turnbackhoax.id. Sitkom Bajaj Bajuri bukan memprediksi virus COVID-19. Sitkom Bajaj Bajuri dalam episode 205 dengan judul “Katakan Saja Ogah Berpuasa” tersebut berupa adegan yang tengah membahas soal wabah virus SARS yang melanda China di tahun 2002.

=====

Kategori: Konten yang Salah

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“Ini sinetron Bajay Bajuri thn 2002,sdh mau 20 thn ternyata jadi kenyataan….”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai berupa sebaran video yang menampilkan cuplikan adegan stikom Bajaj Bajuri. Disebutkan bahwa cuplikan dari tahun 2002 itu menjadi kenyataan setelah hampir 20 tahun kemudian, yakni di masa pandemi saat ini.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa video tersebut tidak terkait dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini. Cuplikan adegan itu berasal dari episode  205 yang berjudul “Katakan Saja Ogah Berpuasa.” Versi lengkap dari video itu diketahui terdapat di kanal Youtube Bang Rose yang tayang pada 28 April 2020. Dalam episode tersebut membahas mengenai kondisi virus SARS yang melanda China pada tahun 2002.

Adapun, klaim cuplikan adegan itu sebagai prediksi kondisi pandemi COVID-19 sudah pernah diperiksa faktanya pada artikel berjudul “[SALAH] Sitkom Bajaj Bajuri Prediksi Corona 17 Tahun Lalu” dan “[SALAH] Episode Sitkom Bajaj Bajuri Ramalkan Virus Corona Tahun 2021” di turnbackhoax.id.

Dengan demikian, cuplikan adegan sitkom Bajaj Bajuri tidak terkait dengan kondisi pandemi COVID-19 dan konten pesan berantai itu masuk ke dalam kategori Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://ayobandung.com/read/2020/05/11/88943/bajaj-bajuri-ramalkan-virus-corona-sejak-15-tahun-lalu-ini-faktanya

The post [SALAH] “Ini sinetron Bajay Bajuri thn 2002,sdh mau 20 thn ternyata jadi kenyataan” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan