[SALAH] Imbauan Lepas Masker Mulai Rabu 21 Juli 2021 oleh Bupati Jember

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir melalui laman berita Jatimtimes, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Jember, yakni Habib Salim mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kabar bohong atau hoaks.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.fo/5fSgv

= = = =

NARASI:

(Narasi dalam gambar)

“#WES WAYAHE JEMBER BEBAS COVID
Mulai Hari Rabu, 21 Juli 2021
Warga Jember Lepas Masker”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah infografis pada salah satu komentar di grup Facebook Info Jember oleh akun Jenny II (https://m.facebook.com/muhammadfajar.sudrajat.9?fref=nf) yang mengatakan bahwa pada hari Rabu 21 Juli 2021 Warga Jember dapat melepas masker. Infografis tersebut juga memuat lambang dari Pemerintah Kabupaten Jember dan juga menyertakan foto Bupati dan Wakil Bupati Jember.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir melalui laman berita Jatimtimes, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Jember, yakni Habib Salim mengatakan bahwa hal tersebut merupakan berita bohong. Per tanggal 16 Juli 2021, Jember merupakan wilayah dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan angka kematian tertinggi pada hari tersebut di Jawa Timur. Melansir melalui laman berita Antara, per tanggal 16 Juli 2021 tercatat sebanyak 263 kasus baru, pasien sembuh sebanyak 63 orang, dan angka kematian karena Covid-19 sebanyak 39 orang dalam satu hari. Dengan adanya hal tersebut, Habib Salim juga mengimbau agar warga Jember tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

Dengan demikian, infografis yang diunggah pada kolom komentar di grup Facebook Info Jember oleh akun Jenny II tidak
sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.antaranews.com/berita/2273378/jember-cetak-rekor-positif-dan-kematian-tertinggi-covid-19
  2. https://jatimtimes.com/baca/245766/20210717/193200/muncul-pesan-bergambar-jember-bebas-masker-pemkab-jember-sebut-hoax

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Imbauan Lepas Masker Mulai Rabu 21 Juli 2021 oleh Bupati Jember appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan