[SALAH] GlaxoSmithKline (GSK) Pemilik Pfizer dan Laboratorium Virologi di Wuhan

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Klaim tersebut salah. Faktanya perusahaa farmasi Pfizer dan laboratorium virologi di Wuhan, dimiliki oleh pihak-pihak yang berbeda.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]:
MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]:

FACEBOOK

archive.vn/YiwQQ

=====

[NARASI]:

“The Chinese biological laboratory in Wuhan is owned by Glaxosmithkline, which (accidentally) owns Pfizer!” (the one who made the vaccine against the virus which (accidentally) was started at the Wuhan Biological Lab and which (accidentally) was funded by Dr. Fauci, who (accidentally) promotes the vaccine! “GlaxoSmithKline is led (accidentally) of the finance division in Black Rock, which (accidentally) manages the finances of the Open Foundation Company (Soros Foundation), which (accidentally) administers the French AXA! “Soros (accidentally) owns the German company Winterthur, which (by accidentally) built a Chinese laboratory in Wuhan and was bought by the German Allianz, which (happens to have) Vanguard as a shareholder, which (happens to be) a shareholder in Black Rock, “which (happens to be) controls the central banks and manages about a third of it “Black Rock” is also (incidentally) a major shareholder in MICROSOFT, owned by Bill Gates, who (incidentally) is a shareholder in Pfizer (who – remember? Selling a miracle vaccine) and (incidentally) is now the first sponsor of ‘ WHO! Now you understand how a dead bats sold in a wet marked in China infected the ENTIRE PLANET!”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Zou Spears membagikan klaim yang menyatakan bahwa salah satu laboratorium biologi di Cina, dimiliki oleh GlaxoSmithKline (GSK) perusahaan farmasi Inggris, yang ternyata juga seorang pemilik perusahaan farmasi produsen vaksin Corona Pfizer. Klaim ini secara tidak langsung menyatakan bahwa sejak awal, virus Covid19 dan pembuatan vaksinnya, memang telah direncanakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Unggahan Zou ini juga menyebutkan bahwa pihak-pihak yang terkait itu adalah berasal dari kalangan orang-orang besar seperti pemilik Microsoft, Bill Gates.

Namun setelah menelusuri terkait kebenaran klaim ini, ditemukan fakta yang menjelaskan bahwa dasar pemikiran klaim tersebut adalah salah. Melansir dari artikel media Reuters diketahui bahwa GlaxoSmithKline (GSK), bukan pemilik dari salah satu laboratorium biologi atau virologi di Wuhan, dan bukan pemilik perusahaan farmasi yang memproduksi vaksin Pfizer.

Laboratorium yang dimaksud dalam unggahan, merupakan laboratorium institut virologi di Wuhan, yang tergabung dalam Chinese Academy of Science (CAS). Institut ini dimiliki oleh pemerintah dan pembiayaannya diatur secara langsung oleh pemerintah pusat Cina dengan mendapat beberapa bantuan dari pihak lain. Hal ini membantah klaim yang menyatakan bahwa laboratorium institut ini dimiliki oleh pribadi atau sebuah perusahaan.

Selain itu mengenai vaksin Pfizer dan produksinya, Pfizer sejatinya tidak memiliki satu pemilik, tetapi dimiliki oleh anggota masyarakat dan berbagai institusi, dengan pemegang saham teratas adalah Grup Vanguard. Pfizer dan GSK memang telah bekerjasama untuk pembuatan vaksin, namun hal ini tidak membuat perusahaa satu jadi memiliki perusahaan lain.

Penjelasan diatas pun sekaligus membatalkan klaim selanjutnya karena fakta yang disebutkan sudah salah sejak dari awal. Hal ini pun membantah kaitan diantara orang-orang besar yang disebutkan terhadap rencana pembuatan virus Covid 19 dan vaksinnya.

Baru-baru ini WHO sendiri telah membuat suatu dasar pemikiran yang diambil dari penelitian di kota Wuhan yang menjelaskan bahwa virus Covid 19 bisa saja terjadi secara alami, yang berasal dari hewan kelelawar.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa laboratorium di Wuhan, Cina dan perusahaa vaksin Pfizer dimiliki oleh GlaxoSmithKline adalah hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-wuhan-lab-idUSKBN28R2UK

https://www.nature.com/articles/d41586-019-03205-z

https://www.reuters.com/article/health-coronavirus-eu-vaccines-idUKKBN28Q258

https://finance.yahoo.com/quote/PFE/holders?p=PFE

https://www.voaindonesia.com/amp/studi-corona-menular-dari-kelelawar-ke-manusia-melalui-hewan-lain-/5832189.html

=====

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] GlaxoSmithKline (GSK) Pemilik Pfizer dan Laboratorium Virologi di Wuhan appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan