[SALAH] Foto “Persiapan penutupan jalan tanggal 6 mei”

TIDAK berkaitan dengan larangan mudik 2021. FAKTANYA, foto yang dibagikan sudah beredar sebelumnya pada tahun lalu (2020). Hoaks yang sempat viral di daerah Kerinci dan Merangin yang setelah diperiksa langsung ke lapangan oleh aparat yang terkait terbukti SALAH.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Facebook, https://archive.md/uPjxJ (arsip cadangan).

NARASI: “Persipan penutupan jl tggl 6 mei”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan foto yang sudah beredar sebelumnya pada tahun lalu (2020) memanfaatkan momen berkaitan dengan pemberlakuan larangan mudik 2021, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

Verifikasi Foto

Salah satu sumber foto yang identik, artikel periksa fakta turnbackhoax.id pada 2 Mei 2020. [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

BRITO.ID pada 2 Mei 2020: “Masyarakat Kerinci dan Merangin, semalam dihebohkan dengan beredarnya foto di Media Sosial (Medsos) tentang pemblokiran jalan Merangin dan Kerinci. Foto yang diunggah oleh akun Afanin Fy tersebut menerangkan kalau Jalan Kerinci dan Merangin telah diblokir tepatnya di kawasan Bedeng 12. “Akses Kerinci Bangko sdh diblokir di bdg 12, semoga virus Covid-19 cepat berlalu,” tulis akun tersebut di Facebook. Namun hal ini dibantah langsung Kapolres Kerinci, AKBP Heru Ekwanto, yang memastikan postingan tersebut adalah Hoax.” [3]

KOMPAS.com pada 5 Mei 2021: “Larangan mudik Lebaran 2021 untuk menekan penyebaran virus corona mulai berlaku pada Kamis (6/5/2021). Pemerintah juga memberlakukan aturan tambahan berupa pengetatan perjalanan berlaku mulai 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021.” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] turnbackhoax.id: “[SALAH] Terjadi Pemblokiran Akses Jalan Kerinci Bangko”, https://bit.ly/2KRN7pN / https://archive.md/xcTsl (arsip cadangan).

[3] brito.id: “Kapolres Pastikan Pemblokiran Jalan Kerinci Bangko Hoax”, https://bit.ly/3emc8J7 / https://archive.md/kYgs8 (arsip cadangan).

[4] kompas.com: “Larangan Mudik Berlaku 6 Mei, Satgas: Mudik Lokal Juga Dilarang”, https://bit.ly/3nP0ARL / https://archive.md/sxQ9f (arsip cadangan).

The post [SALAH] Foto “Persiapan penutupan jalan tanggal 6 mei” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan