[SALAH] Foto “AKHIRNYA, LARANGAN MUDIK DICABUT”

Foto hasil suntingan. Foto serupa ditemukan pada kanal Youtube SYS ENTERTAINMENT, yang diunggah pada 5 Februari 2019 dengan judul “kazakhstan news reporter sounds like diesel truck starting in the morning women edition”.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MANIPULATED CONTENT/ KONTEN YANG DIMANIPULASI

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

https://archive.fo/HnOOi

===

NARASI: “AKHIRNYA, LARANGAN MUDIK DICABUT”

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun Yahdi Mahyassa mengunggah tangkapan layar yang memperlihatkan seorang penyiar berita dengan narasi “AKHIRNYA, LARANGAN MUDIK DICABUT”. Diunggah pada 28 April 2021, unggahan tersebut mendapat atensi berupa 11 suka dan 5 kali dibagikan.

Berdasar penelusuran lebih lanjut, foto pada unggahan tersebut diketahui sudah melalui proses penyuntingan. Pencarian fakta dilakukan dengan menggunakan mesin pencari gambar milik google, faktanya foto serupa ditemukan pada kanal Youtube SYS ENTERTAINMENT.

Pada unggahan video di akun SYS ENTERTAINMENT, judul yang disematkan untuk pewarta tersebut adalah “kazakhstan news reporter sounds like diesel truck starting in the morning women edition”, atau dengan kata lain tidak ditemukan narasi “AKHIRNYA, LARANGAN MUDIK DICABUT” seperti halnya yang tengah beredar.

Jika mengacu kepada seluruh referensi, diketahui bahwa unggahan akun Yahdi Mahyassa adalah tidak sesuai dengan fakta. Unggahan tersebut merupakan hoaks dengan kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

===

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4544362/cek-fakta-tidak-benar-video-siaran-berita-larangan-mudik-dicabut?

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-siaran-berita-tentang-larangan-mudik-dicabut.html

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/RkjlJY6N-cek-fakta-siaran-berita-larangan-mudik-dicabut-ini-faktanya?

The post [SALAH] Foto “AKHIRNYA, LARANGAN MUDIK DICABUT” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan