[SALAH] “Di Tanya soal virus Corona KORLAP FPI: Hanya Imam Besar kami yg punya Penangkal virus Corona, karna Imam besar kami cucu Nabi”

Hasil Periksa Fakta Rizky Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika).

Gambar dengan narasi serupa pernah beredar pada Maret 2020. Gambar tersebut adalah hasil suntingan. Gambar asli berasal dari akun Instagram resmi @sekretaris.kabinet yang tayang pada tanggal 4 Mei 2018.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Referensi.

===

Kategori: Manipulated Content/Konten yang Dimanipulasi

===

Sumber: Twitter

https://archive.vn/yBqXA

===

Narasi:

“Mudah2an corona segera berakhir, scr sang “pawang” sudah pulang.” Unggah akun Twitter Flotim_NT70, Rabu (11/11/20)

==

Penjelasan:

Akun Twitter Flotim_NT70 mengunggah gambar yang isi narasinya “Di tanya soal virus corona korlap FPI: hanya imam besar kami yg punya penangkal virus corona,karna imam besar kami cucu nabi” pada Rabu (11/11/20).

Dari hasil penelusuran, gambar dengan narasi yang sama tersebut pernah beredar pada Maret 2019, diketahui bahwa foto tersebut merupakan hasil suntingan.

Melansir dari suara.com, foto asli itu setidaknya telah mengalami tiga kali suntingan. Pertama, adanya pemotongan gambar, sehingga foto mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak terlihat. Kedua, kepala Presiden Joko Widodo yang diganti dengan wajah seorang pria. Papan nama juga diganti dari Presiden menjadi Korlap FPI.

Selain foto, judul juga tidak ditulis dengan kata baku dan ejaan yang disempurnakan, misal kata ‘yang’ ditulis dengan ‘yg’, kata ‘karena’ ditulis dengan ‘karna’.

Perlu diketahui, foto Jokowi dengan menggunakan jaket Asian Games 2018 tersebut diambil saat Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/5/2018).

Maka dapat disimpulkan bahwa gambar tersebut adalah hasil suntingan dan masuk ke dalam kategori manipulated content/konten yang dimanipulasi.

===

Referensi:

https://www.instagram.com/p/BiV1gbnnXst/?utm_source=ig_embed

https://turnbackhoax.id/2020/03/19/salahdi-tanya-soal-virus-corona-korlap-fpi-hanya-imam-besar-kami-yg-punya-penangkal-virus-coronakarna-imam-besar-kami-cucu-nabi/

https://nasional.kompas.com/read/2018/05/04/10313651/pimpin-rapat-jokowi-pakai-jaket-asian-games-lagi

The post [SALAH] “Di Tanya soal virus Corona KORLAP FPI: Hanya Imam Besar kami yg punya Penangkal virus Corona, karna Imam besar kami cucu Nabi” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan