[SALAH] Anies Baswedan Mengendarai Mobil Peti Mati

Hasil Periksa Fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Gambar suntingan atau editan. Foto mobil tersebut adalah salah satu karya manipulasi foto pada kontes foto tahun 2010. Sementara foto Anies Baswedan adalah foto dari tahun 2019 ketika menghadiri acara olahraga sepeda santai di Jakarta.

= = = = =

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/4J0en

= = = = =

NARASI:

“Memang BEGO LU !!!”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Sidik Purnomo mengunggah status pada tanggal 10/9/2020 berupa gambar Anies Baswedan mengendarai mobil berbentuk peti mati dengan narasi berbunyi ‘Memang BEGO LU !!!’.

Dari hasil penelusuran, diketahui foto tersebut adalah hasil editan/suntingan. Pengguna internet bernama erikuri mengunggah foto ‘mobil peti mati’ pada laman pxleyes.com pada tanggal 21/2/2010. Foto tersebut merupakan karya yang dihasilkan dari proses editing untuk mengikuti kontes foto ‘membuat mobil’ dengan aplikasi Photoshop yang diadakan oleh laman tersebut.

Sementara itu foto Anies Baswedan yang sedang melambaikan tangan adalah foto yang diunggah oleh laman antarafoto.com tanggal 15/12/2019 pada saat Anies Baswedan menghadiri kegiatan olahraga sepeda santai ‘Gowes Bareng Bang Anies dan Bang Anwar’ di Kanal Banjir Timur (KBT), Malaka Sari, Jakarta Timur. Dilansir dari metro.tempo.co, Anies Baswedan membuka perhelatan jalan sehat dan gowes sepeda bareng yang dimulai dari pintu air Malaka Sari, Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur. Dalam sambutannya, ia mendorong agar masyarakat gemar bersepeda.

“Pagi ini kita sama-sama jalan sehat dan gowes. Di Jakarta kita sedang mendorong supaya masyarakatnya lebih banyak mau jalan kaki,” kata Anies di lokasi peresmian acara, Jakarta Timur, Minggu, 15/12/2019.

Selain itu, terdapat beberapa editan lain pada status seperti plat nomor bertuliskan ‘B 360 LU’, bodi pinggir bertuliskan ‘REM DARURAT’ dan gambar tugu peti mati COVID-19 di Jalan Moh Kahfi, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada bagian pojok kiri atas. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

REFERENSI:

http://www.pxleyes.com/photoshop-picture/4b833e7625666/Coffin-car—updated.html

https://www.antarafoto.com/seni-budaya/v1576397105/anies-kwwwanyekan-olahraga-bersepeda

https://news.detik.com/berita/d-4907943/anies-belum-buka-suara-pilih-tiktok-saja

https://metro.tempo.co/read/1283868/anies-gowes-sepeda-bareng-warga-di-jakarta-timur/full&view=ok

https://photo.sindonews.com/view/4206/beri-peringatan-ke-warga-kecamatan-jagakarsa-pajang-tugu-peti-mati-covid-19

The post [SALAH] Anies Baswedan Mengendarai Mobil Peti Mati appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan