[SALAH] Akun Facebook Wali Kota Bogor Tawarkan Bantuan Modal Usaha

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Pemerintah Kota Bogor melalui akun Facebook resminya telah menegaskan bahwa akun tersebut bukan merupakan milik Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

= = = = =

NARASI:

“assalamualikum..
ni ad program bagus dari pemerintah .
bantuan mudal wira usaha dngan bunga 0%.
Dan biaya subsidi 50% perbulan di bantu
pemerintah. dan program ini ad selama covid 19.
terima kasih..
waalaikum salam”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun Facebook Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, dengan nama pengguna Bima Arya S. Akun tersebut menyebarkan informasi terkait program bantuan modal usaha dari pemerintah dengan bunga 0% serta biaya subsidi sebesar 50% setiap bulan dari pemerintah. Akun tersebut juga berkomunikasi dengan beberapa warga melalui fitur Messenger di Facebook dan meminta data pribadi warga berupa foto KTP dan Kartu Keluarga.

Pemerintah Kota Bogor melalui akun Facebook resminya telah menegaskan bahwa akun tersebut bukan merupakan milik Wali Kota Bogor. Pemerintah Kota Bogor juga meminta warga untuk melaporkan segala bentuk informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Wali Kota Bogor melalui aplikasi SiBadra yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Lebih lanjut, melansir dari Tribun News, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor, Samson Purba menegaskan bahwa informasi terkait bantuan dana usaha yang disebarkan oleh akun Facebook tersebut adalah hoaks. Samson menjelaskan bahwa dana bantuan usaha dari pemerintah memiliki suku pinjaman sebesar 6% tanpa jaminan, asalkan usahanya benar-benar ada.

Dengan demikian, akun Facebook Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, dengan nama pengguna Bima Arya S tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.facebook.com/PemerintahKotaBogor/posts/2570702786559563

https://www.tribunnews.com/metropolitan/2021/04/27/beredar-akun-palsu-facebook-wali-kota-bogor-bima-arya-tawarkan-kur-waspada-penipuan

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-akun-facebook-palsu-wali-kota-bogor-bima-arya-1vLWdR45JFc/full

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Akun Facebook Wali Kota Bogor Tawarkan Bantuan Modal Usaha appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan