Awas Hoaks - “Vaksin Sinovac Kadaluwarsa 25 Maret 2021 dan Dibuat Sebelum Pandemi”

Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 dari Sinovac, telah dibuat sejak sebelum pandemi, karena memiliki masa kedaluwarsa dua tahun dan akan kedaluwarsa pada 25 Maret 2021.

Faktanya informasi tersebut tidak benar

Kementerian Kesehatan sebut Sinovac memproduksi vaksin COVID-19 pada September-November 2020 dengan shelf life (masa simpan) selama 3 tahun.

Badan POM, berdasarkan data dan prinsip kehati-hatian, tetapkan umur simpan vaksin tersebut menjadi enam (6) bulan sejak tanggal produksi.

Vaksin yang habis masa simpannya pada 25 Maret 2021 adalah vaksin yang diproduksi enam (6) bulan sebelumnya sesuai dengan masa simpan yang ditetapkan Badan POM, dan bukan dua (2) tahun seperti dalam narasi yang beredar.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dr. Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa 3 juta dosis vaksin yang dimaksud juga telah habis digunakan untuk vaksinasi kepada tenaga kesehatan dan petugas publik.

Hati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

Cek kebenaran sebuah informasi dengan:
1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500
2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.
3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/

#KPCPEN #SayangiIndonesia #JanganAbai | Lindungi Diri Lindungi Negeri

Detail:

  • Tipe: Image
  • Format: JPEG
  • Jumlah File: 2

Unduh Materi

Bagikan