Awas Hoaks: Mengunyah Cengkeh atau Kayu Manis dapat Meningkatkan Kadar Oksigen yang Sedang Menurun

Beredar sebuah informasi melalui pesan berantai yang mengklaim bahwa mengunyah cengkeh atau kayu manis dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh yang sedang menurun.

Faktanya informasi tersebut tidak benar.

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt mengatakan, informasi mengunyah cengkeh atau kayu manis dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh yang menurun belum terbukti uji klinisnya.

Lebih lanjut pada artikel berjudul "Inhaling camphor, lavang, ajwain and eucalyptus oil DOES NOT increase blood oxygen level" yang dimuat situs altnews.in, menyebutkan tidak ada penelitian atau bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa cengkeh atau kayu manis dapat meningkatkan oksigen darah atau meredakan gangguan pernapasan.

Hati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

Cek kebenaran sebuah informasi dengan:
1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500
2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.
3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id dan https://s.id/infovaksin

#IndonesiaBangkit #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER

Detail:

  • Tipe: Image
  • Format: JPEG/PNG
  • Jumlah File: 2

Bagikan