Awas Hoaks: Alat Rapid Test Antigen Menunjukkan Hasil Positif saat Diteteskan Air Keran

Beredar video di media sosial yang perlihatkan seseorang sedang menguji coba alat rapid test antigen dengan cara diteteskan air keran dan hasilnya positif.

Video tersebut disertai narasi "Covid yg bikin confused Swab uji tes antigen dgn tetes air keran, dan apa yg terjadi, air pun positif kopit".

Faktanya informasi tersebut adalah tidak benar.

Dalam video yang beredar, pengujian tidak memakai larutan penyangga (buffer) yang harus dipakai saat menggunakan alat tersebut. Pembuat video hanya meneteskan air keran dan menunggu hasilnya dalam beberapa saat.

Penggunaan alat tes swab antigen harus dilakukan sesuai petunjuk untuk membuktikan hasil yang valid. Alat rapid test antigen sangat sensitif terhadap keasaman (pH) sampel yang digunakan.

Apabila sampel yang digunakan adalah sampel yang tidak semestinya, sehingga kandungan pHnya lebih rendah atau lebih tinggi, maka hasil yang muncul pun tidak kredibel.

Hati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

Cek kebenaran sebuah informasi dengan:
1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500
2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.
3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id

Detail:

  • Tipe: Image
  • Format: JPEG
  • Jumlah File: 2

Unduh Materi

Bagikan