Satgas Minta Seluruh Pihak Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Nakes Dalam Bekerja

JAKARTA - Satgas Penanganan COVID-19 turut menyampaikan duka cita yang mendalam dan  menyesalkan aksi kekerasan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Kekerasan ini menyebabkan gugurnya seorang korban jiwa dari tenaga kesehatan (nakes). 

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, menyebut peran tenaga kesehatan dibutuhkan untuk melakukan penanganan COVID-19 di Indonesia sebagai garda terdepan penanganan pandemi.

"Saya berharap seluruh pihak dapat menjaga keamanan dan kenyamanan kerja para tenaga kesehatan mengingat tugas mereka yang berat dan mulia," Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Selasa (21/9/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Sebagaimana diberitakan berbagai media, bahwa KKB Papua melakukan kekerasan dengan merusak sejumlah fasilitas umum dan membakar Puskesmas Kiwirok, Papua pada Senin (13/9/2021). KKB juga melakukan penganiayaan terhadap sejumlah tenaga kesehatan setempat dan menyebabkan 1 tenaga kesehatan meninggal dunia. 

Satu orang tenaga kesehatan yang tewas ialah Gabriella Meilani (22) yang gugur karena dianiaya anggota KKB Papua. Dan saat ini jenazahnya sudah berhasil dievakuasi TNI dibantu ajajran terkait.

Jakarta, 21 September 2021

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional

[ISTA/ACU/VJY]

Bagikan