Pastikan Sanitasi untuk Pengungsi Korban Banjir

Graha BNPB Jakarta 10 Okober 2020 - Perubahan cuaca berdampak pada aktivitas masyarakat di masa pandemi. Namun yang perlu diwaspadai adalah terjadinya banjir lantaran bisa memunculkan dampak lainnya.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Dr. Dewi Nur Aisyah mengatakan perubahan cuaca yang mengakibatkan banjir bukan hanya berdampak pada penyakit menular semata. Namun adanya tempat pengungsian ini yang berpotensi memunculkan klaster baru.

“Bukan hanya risiko banjir akan menimbulkan potensi penyakit menular. Tapi orang berkumpul dan mengungsi ini akan jadi klaster baru pengungsian,” ungkap Dr. Dewi Nur Aisyah dalam talkshow “COVID-19 dalam Angka: Perkembangan Kasus di 10 Provinsi Prioritas” di Media Center Satgas COVID-19 Graha BNPB Jakarta pada Rabu (7/10) pagi.

Dr. Dewi meminta pemerintah daerah bisa melakukan inovasi dan memastikan sanitasi di tempat pengungsian itu tersedia dengan baik. Begitu juga dengan dapur umum, tempat makan, dan kamar mandi. Selain itu pastikan agar tidak berkerumun. Pemerintah daerah setempat perlu melakukan pegangan ini menyesuaikan dengan pandemi.

“Biasanya anak-anak di tempat pengungsian itu berkumpul dan tidak ada sekat. Masalah ini yang harus dipastikan agar bisa memutus rantai penularan COVID-19,” jelas Dr. Dewi.

(STPC19/AHM/KRS)

Bagikan