[SALAH] SWISS MELARANG VAKSIN COVID-19 | Covid19.go.id
Vaksin
[SALAH] SWISS MELARANG VAKSIN COVID-19

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya pemerintah Swiss hanya tidak merekomendasikannya pada musim semi dan musim panas 2023 karena rendahnya penularan dan tingginya imunitas warga.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1682754425.292206/singlefile.html (Twitter)

====

[NARASI]: “News from the Front Lines
Switzerland bans the COVID vaccines, Spike protein kills brain cells, AAPS updates, Twitter at war with Sbstck.”
Click on the link, if you dare to see the article. But careful though, according to Twitter censorship – it may not be safe… more red pills on the other side.
http://tinyurl[dot]com/ycksnres

Terjemahan: “Berita dari Garis Depan
Swiss melarang vaksin COVID, protein Spike membunuh sel otak, pembaruan AAPS, Twitter berperang dengan Sbstck.”
Klik tautannya, jika Anda berani melihat artikelnya. Tapi hati-hati, menurut sensor Twitter – mungkin tidak aman… lebih banyak pil merah di sisi lain.

====

[PENJELASAN]:
Beredar cuitan dari akun twitter bernama @RWMaloneMD pada 8 April 2023 yang mengklaim bahwa Swiss melarang vaksin Covid-19.

Melansir factcheck.afp.com, Pemerintah Swiss tidak melarang vaksin Covid-19, tetapi tidak merekomendasikannya pada musim semi dan musim panas 2023 karena rendahnya penularan dan tingginya imunitas warga. Hal ini dicapai melalui vaksinasi dan infeksi sebelumnya.

Cindy Prins, seorang profesor epidemiologi klinis di University of Florida mengatakan rekomendasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan negara masing-masing. Juru bicara Kantor Kesehatan Masyarakat Federal (FOPH) menjelaskan bahwa hampir semua masyarakat Swiss telah divaksinasi dan/atau terinfeksi dan sembuh dari Covid-19.

Perusahaan biotek Amerika Novanax mengatakan kepada AFP bahwa vaksin Covid-19 miliknya tidak dilarang di Swiss. Pfizer juga memastikan vaksin yang mereka hasilkan masih tersedia di Swiss.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Swiss melarang vaksin Covid-19 tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]:
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-swiss-melarang-vaksin-covid-19.html

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33CZ8KQ

The post [SALAH] SWISS MELARANG VAKSIN COVID-19 appeared first on [TurnBackHoax].

Info Penting