[SALAH] PUTIN MEMERINTAHKAN PENGHANCURAN SEMUA VAKSIN COVID-19 DI RUSIA | Covid19.go.id
Vaksin
[SALAH] PUTIN MEMERINTAHKAN PENGHANCURAN SEMUA VAKSIN COVID-19 DI RUSIA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya Berita tersebut berasal dari blog Real Raw News. Situs tersebut merupakan situs web dengan konten yang berisikan humor, parodi, dan sindiran.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1679836204.663754/singlefile.html (Instagram)

https://archive.cob.web.id/archive/1679986766.713178/singlefile.html (Blog)

====

[NARASI]: Putin Orders Destruction of All Covid-19 Vaccines in Russia

Putin Memerintahkan Penghancuran Semua Vaksin Covid-19 di Rusia (dalam bahasa Indonesia)

====

[PENJELASAN]:
Beredar tangkapan layar berita realrawnews.com dari akun instagram truth_seeker_jakartaa dengan klaim yang menyatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan untuk menghancurkan semua stok vaksin Covid-19 yang ada di Rusia. Dalam berita tersebut juga menginformasukan bahwa vaksin dapat menyebabkan HIV/AIDS.

Dikutip dari Cek Fakta Associated Press, klaim berita tentang perintah Putin untuk menghancurkan semua vaksin COVID-19 di Rusia adalah cerita yang berasal dari artikel blog Real Raw News yang diunggah pada 4 Maret 2023. Situs tersebut selalu mengunggah konten yang berisi humor, parodi, dan satir. Catatan situs ini lalu ramai setelah dibagikan pengguna media sosial.

USAToday menemukan informasi tersebut menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah Kementerian Kesehatan Rusia membagikan pesan di Telegram pada 5 Maret 2023 yang menyatakan bahwa Rusia mengirimkan vaksin buatan perusahaan Rusia Sputnik V ke beberapa wilayah negara. Informasi tersebut disusul dengan klaim bahwa Putin telah memerintahkan penghancuran semua vaksin Covid-19 di Rusia. USAToday melaporkan bahwa tidak ada laporan berita yang kredibel.

Melansir tempo.co, soal vaksin Covid-19 dapat menyebabkan HIV/AIDS tidak benar. Tidak ada laporan maupun bukti dari uji klinis atau data tindak lanjut terkontrol dari vaksin Covid-19 yang dihubungkan dengan meningkatnya risiko kanker atau HIV/AIDS.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan untuk menghancurkan semua stok vaksin Covid-19 yang ada di Rusia adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]:
https://apnews.com/article/fact-check-Russia-vaccine-Sputnik-888212089010

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2200/keliru-putin-perintahkan-hancurkan-semua-stok-vaksin-covid-19-karena-sebabkan-hivaids

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2023/03/17/fact-check-false-claim-russia-destroyed-all-covid-19-vaccines/11480036002/

The post [SALAH] PUTIN MEMERINTAHKAN PENGHANCURAN SEMUA VAKSIN COVID-19 DI RUSIA appeared first on [TurnBackHoax].

Info Penting