Vaksin
[SALAH] Set Top Box Dapat Mendeteksi Orang yang Divaksin

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya Set Top Box atau STB merupakan perangkat keras untuk televisi yang digunakan sebagai dekoder untuk menerima siaran analog menjadi siaran digital. STB juga bisa digunakan untuk mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar dapat ditampilkan ke layar televisi analog atau perangkat layar analog lainnya, tidak ada kaitannya untuk mendeteksi orang yang divaksin. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.cob.web.id/archive/1669105671.115274/singlefile.html

= = =

Narasi:

“Vaksin gratis.. set top box pun ada yg gratis.. Ternyata oh, ternyata… Didalamnya ada rangkaian Bluetooth Low Energy Device untuk membaca data orang2 yg sudah divaksin! Hadeuh…”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Facebook yang mengklaim bahwa Set Top Box yang di dalamnya terdapat rangkaian Bluetooth Low Energy Device dapat berfungsi untuk membaca data orang-orang yang sudah divaksin.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, Set Top Box atau STB dapat berguna sebagai Dekoder untuk mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar dapat ditampilkan ke layar televisi analog atau perangkat layar analog lainnya. Melalui Kompas.com, Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kominfo, Geryantika Kurnia, menegaskan bahwa kabar tersebut salah. Ia menjelaskan, fungsi STB untuk mengalihkan sinyal analog menjadi digital, sehingga masyarakat dapat menonton siaran dengan kualitas gambar, suara, dan teknologi yang lebih canggih.

Dilansir dari laman nxp.com, Bluetooth Low Energy Device merupakan serangkaian yang dapat mengoperasikan daya perangkat yang sangat rendah tanpa mengorbankan kinerja radio. Sehingga tidak ada kaitannya untuk membaca data orang yang sudah divaksin.

Dengan demikian, Set Top Box dapat mendeteksi orang yang divaksin merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/12/143400882/-hoaks-set-top-box-dapat-membaca-data-orang-yang-divaksin?page=all

https://www.nxp.com/products/wireless/bluetooth-low-energy:BLUETOOTH-LOW-ENERGY-BLE

https://id.wikipedia.org/wiki/Set-top_box

===

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Set Top Box Dapat Mendeteksi Orang yang Divaksin appeared first on [TurnBackHoax].

Info Penting