[SALAH] Swab PCR Merupakan Cara untuk Melakukan Vaksinasi

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. PCR merupakan cara untuk mengambil sampel keberadaan virus Corona, bukan cara untuk vaksinasi.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.md/Zy0z0

= = = =

NARASI:

(narasi diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Dr. Lorraine Day. Mereka melakukan vaksinasi terhadap kalian dengan menggunakan uji PCR.”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi oleh akun Facebook Jessica Raylynn yang mengatakan bahwa tes PCR merupakan cara untuk melakukan vaksinasi. Narasi tersebut juga mengunggah video yang berisikan klaim dari dr. Lorraine Day, salah satu dokter dari Amerika Serikat yang mengatakan bahwa tes PCR merupakan bentuk vaksinasi terselubung.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, Dr Phionah Atuhebwe dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa tes PCR dengan metode swab bertujuan mengambil sampel untuk mendeteksi keberadaan virus corona. Ia mengatakan bahwa sejauh ini belum ada metode vaksinasi yang dilakukan melalui swab.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook Jessica Raylynn tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/18/160500665/-hoaks-tes-pcr-adalah-cara-terselubung-memasukkan-vaksin-covid-19-ke-tubuh
  2. https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9QJ96R-1

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Swab PCR Merupakan Cara untuk Melakukan Vaksinasi appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan

Info Penting