Awas Hoaks: Cara Mengatasi Corona Varian Baru BA.2 dan XE

Beredar di Facebook informasi cara mengatasi varian baru Corona BA.2 dan XE. Informasi tersebut menyatakan bahwa varian baru Corona BA.2 dan XE akan segera menyebar serta menular dengan cepat khususnya pada negara dengan cuaca dingin.

Disebutkan pula oleh unggahan tersebut mengenai cara mengatasi varian baru Corona BA.2 dan XE yaitu dengan berjemur sinar matahari, konsumsi ramuan herbal, serta menggunakan Ivermectin.

Faktanya informasi tersebut salah

Dilansir dari Cek Fakta kompas.com, diketahui bahwa Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa sebaran subvarian BA.2, XE, bahkan virus Corona secara keseluruhan tidak ada kaitannya dengan cuaca atau sinar matahari.

Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus B2P2TOOT Kemenkes, menambahkan bahwa sampai saat ini jangkauan obat tradisional atau obat modern untuk virus Corona belum ada dan masih dalam tahap penelitian pengembangan.

Terkait konsumsi Ivermectin BPOM menyarankan masyarakat agar tidak membeli dan mengonsumsi sembarangan tanpa resep dokter.

Cek lagi informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

Caranya mudah!

  1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500
  2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.
  3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Detail:

  • Tipe: Image
  • Format: JPEG/PNG
  • Jumlah File: 2

Bagikan

Info Penting