Percontohan Pelibatan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kemampuan Puskesmas Mengendalikan COVID-19 di Komunitas Pada Provinsi Bali

Penanganan pandemi membutuhkan banyak sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi yang mumpuni. Pelibatan Perguruan Tinggi dalam penanganan pandemi yang selaras dengan upaya di tengah masyarakat menjadi peluang sekaligus tantangan tersendiri. Mahasiswa adalah agen intelektual dan kritis yang berpotensi memenuhi kebutuhan tersebut dalam rangka pembelajaran dan pengabdian untuk membantu Puskesmas yang memiliki peran penting dalam pengendalian COVID-19 di tingkat komunitas.

Secara prinsip terdapat dua peran yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam upaya tracing, testing, dan treatment (3T), yaitu sebagai tracer untuk membantu tracing dan sebagai swabber untuk membantu testing. Risalah singkat ini akan memberikan gambaran konsep program, pelaksanaan, diskusi dan evaluasi terkait kondisi yang ditemukan, rekomendasi kebijakan kedepannya dalam perbaikan upaya penanganan COVID-19, serta pelibatan mahasiswa untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

Detail:

  • Tipe: Dokumen
  • Format: PDF
  • Jumlah Halaman: 12
  • Ukuran: A4

Unduh Materi

Bagikan