Content Post | Covid19.go.id

Satgas Covid-19: Vaksin Menstimulasi Imunitas Tubuh

JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 kembali mengedukasi masyarakat terkait perkembangan vaksin Covid-19 yang sedang tahap uji klinis fase 3. Satgas Penanganan Covid-19 meyakinkan bahwa vaksin Covid-19 akan aman digunakan manusia. Karena vaksin adalah virus yang dilemahkan dan pada prinsipnya vaksin tidak berbahaya. 

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan vaksin yang masuk ke tubuh manusia akan menstimulasi imunitas tubuh. Vaksin Covid-19 tidak saja akan melindungi diri sendiri, juga orang lain yang tidak mendapatkan vaksinasi karena alasan tertentu, termasuk alasan kesehatan. 

"Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 aman untuk digunakan manusia, karena harus melalui tahapan uji praklinis dan klinis untuk memastikan keamanan, efektifitas dan dosis yang aman untuk digunakan manusia. Risiko yang ditimbulkan vaksin sangat rendah dan manfaat jauh lebih tinggi," jelasnya menjawab pertanyaan media dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/11/2020). 

Masih menjawab pertanyaan media terkait vaksin, Satgas Penaganan Covid-19 menegaskan bahwa pembangunan laboratorium milik TNI di Pulau Galang, saat ini masih dalam tahap perencanaan. "Laboratorium yang akan dibangun ditujukan untuk penelitian virus yang akan dikembangkan menjadi vaksin," jawab Wiku.

Tak lupa di akhir konferensi pers, Wiku kembali mengingatkan masyarakat untuk bekerja memerangi pandemi Covid-19. Jangan lupa menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian, dan terapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Agar Indonesia segera terbebas dari pandemi Covid-19.  

Jakarta 10 November 2020

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional

ISTA/QQ/DDL

Bagikan

Info Penting