Content Post | Covid19.go.id

[SALAH] “Tangkapan Layar Pengakuan Relawan Suntik Vaksin Covid-19 yang Menyebut Lupa Punya Hutang tapi Plonga-Plongo”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945).

Judul artikel merupakan hasil suntingan. Judul asli artikel yang tayang pada 15 Agustus 2020 itu ditemukan pada artikel Kompas.com yang berjudul “Pengakuan Relawan Usai Disuntik Vaksin Covid: Badan Terasa Enak dan Nafsu Makan Tinggi”.

= = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/ROijP

= = =

NARASI:

Akun Facebook Kim Joong-Un mengunggah gambar pada tanggal 16/8/2020 berupa tangkapan layar artikel berita dengan judul “Pengakuan Relawan Usai Suntik Vaksin Covid-19: Badan Terasa Enak dan Nafsu Makan TInggo, Tidur Nyenyak Lupa Punya Hutang Tapi Cenderung Plonga-Plongo” yang tayang pada 15 Agustus 2020.

Akun Kim Joong-Un Juga menambahkan narasi pada unggahannya tersebut yang berbunyi, sebagai berikut:

“Waduh Menular…🙄”

= = =

PENJELASAN:

Berdasarkan hasil penelusuran, judul artikel merupakan hasil sunting dari artikel asli Kompas.com dengan judul “Pengakuan Relawan Usai Disuntik Vaksin Covid: Badan Terasa Enak dan Nafsu Makan Tinggi” tayang pada 15 Agustus 2020.

Melansir Kompas.com, proses penyuntikan vaksin dilakukan pada 11 Agustus 2020. Sementara itu, Ketua Riset Uji Klinis Fase 3 Vaksin COvid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Prof Kusnandi Rusmil mengatakan, hingga saat ini sudah ada 21 relawan yang sudah disuntik calon vaksin covid-19.

Dari hasil evaluasinya sementara, para relawan yang telah disuntikkan tersebut mengalami reaksi ringan, seperti peningkatan suhu tubuh dan nyeri atau bengkak di bekas suntikan. Selama menjalani uji calon vaksin itu, menurut dia, setiap relawan akan dipantau kesehatannya selama enam bulan.

Dengan demikian, artikel berita tersebut adalah konten yang dimanipulasi, karena telah dilakukan penyuntingan di bagian judul artikel tersebut.

= = =

REFERENSI:

https://regional.kompas.com/read/2020/08/15/05240091/pengakuan-relawan-usai-disuntik-vaksin-covid-19-badan-terasa-enak-dan-nafsu?page=all

The post [SALAH] “Tangkapan Layar Pengakuan Relawan Suntik Vaksin Covid-19 yang Menyebut Lupa Punya Hutang tapi Plonga-Plongo” appeared first on [TurnBackHoax].

Bagikan

Info Penting