Content Post | Covid19.go.id

Pergantian Kepemimpinan Satgas Akan Memacu Penanganan Pandemi di Indonesia

JAKARTA - Letjen TNI Doni Monardo telah menyelesaikan tugas jabatannya sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Ketua Satgas Penanganan COVID-19 sejak Januari 2019. Posisinya kini digantikan Letjen TNI Ganip Warsito yang dilantik Presiden Joko Widodo pada Selasa (25/5/2021) di Istana Negara, Jakarta. 

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa dibawah kepemimpinan baru, BNPB semakin sigap mengantisipasi potensi bencana dan Satgas Penanganan COVID-19 akan menjadi lembaga yang tanggap dengan membawa Indonesia terbebas dari pandemi. 

"Satgas ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak Doni Monardo, yang hari ini resmi pensiun dari jabatannya. Satgas ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras selama menjalankan tugas," Wiku mengapresiasi dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Selasa (25/5/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Meski Doni Monardo kini telah digantikan Ganip Warsito, Wiku meyakini semangat dan kerja keras Satgas Penanganan COVID-19 terus ditingkatkan dalam usaha penanganan pandemi di Indonesia. "Satgas mengucapkan selamat datang dan selamat bekerja kepada Letjen TNI Ganip Warsito," Wiku menambahkan. 

Sekedar mengetahui, pelantikan ini digelar berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 79/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yang ditetapkan di Jakarta pada 24 Mei 2021.

Berdasarkan Keppres tersebut, Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito diangkat menjadi Kepala BNPB, menggantikan Doni Monardo yang akan memasuki masa pensiun dari dinas TNI pada 1 Juni 2021 mendatang. Sebelumnya, Ganip menjabat Kepala Staf Umum TNI sejak pertengahan Januari 2021 lalu. 

Pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986. Di samping itu, Ganip mengemban sejumlah posisi strategis militer, antara lain Pangkogabwilhan III (2019 – 2021), Asops Panglima TNI (2018 – 2019), Pangdam XIII/Merdeka (2016 – 2018) dan Pangdivit 2/Kostrad (2015 – 2016). 

Disampaing itu, perwira tinggi TNI berusia 57 tahun ini, bergelar sarjana ekonomi dan magister manajemen. Selanjutnya sederet Pendidikan dijalaninya, Sussarcabif, Selapa I dan II, Seskoad, Sesko TNI, Lemhanas, hingga Sus Dan Brigif. Ganip merupakan Kepala BNPB ke-4 setelah kepemimpinan beberapa jenderal TNI, yaitu Doni Monardo, Willem Rampangilei dan Syamsul Maarif. 


Jakarta, 25 Mei 2021

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional

[ISTA/QQ/YOY]

Bagikan

Info Penting