Content Post | Covid19.go.id

Pemerintah Terus Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Selama Tahun 2020

JAKARTA - Selama penanganan pandemi Covid-19 tahun 2020, salah satu upaya pemerintah memfokuskan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan untuk memastikan pasien Covid-19 dapat ditangani dengan baik dan sesuai standar. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan saat ini sudah ada 940 rumah sakit rujukan Covid-19. "Dengan jumlah total tempat tidur di ruang isolasi dan ICU sebanyak 45.023 tempat tidur," katanya dalam agenda keterangan pers "Covid-19 : Refleksi Akhir Tahun 2020 dan Menuju 2021" di Gedung BNPB, Kamis (31/12/2020) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Secara persentase, tingkat pemanfaatan tempat tidur di ruang isolasi dan ICU Covid-19 tingkat nasional sudah mencapai 62,63%. Terdapat 5 provinsi dengan persentase pemanfaatan tertinggi. Yaitu Jawa Barat (77%), DI Yogyakarta (77%), Banten (77%), Jawa Timur (72%) dan Jawa Tengah (72%). 

Disamping itu, bukan hanya fokus pada penanganan pasien Covid-19, pemerintah juga berkomitmen terutama bagi para pahlawan kesehatan agar tidak ada lagi tenaga kesehatan yang gugur dalam menangani pandemi Covid-19 di garda terdepan. Caranya dengan optimalisasi perlindungan dan keselamatan tenaga kesehatan. Hal ini diwujudkan dengan sebuah tim khusus yang memantau dan bertindak cepat dalam memberikan perlindungan bagi tenaga kesehatan yang sedang bertugas. 

Wiku juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para semua tenaga kesehatan di Indonesia yang bekerja keras setiap harinya menangani pandemi ini. "Terimakasih atas kerja keras dan semangat dari dokter, perawat, petugas laboratorium serta semua rekan petugas kesehatan di Indonesia," jelasnya.


Jakarta, 31 Desember 2020

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional
(ISTA/QQ/KRS)

Bagikan

Info Penting